Inovasi Pelayanan Program Dongeng Keliling Online (DONGKELOR) Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar = The Innovation of Fairy Tales Online Program (DONGKELOR) at the Makassar City Library Service


Faisal, Lathifa Mutiara Zahra (2021) Inovasi Pelayanan Program Dongeng Keliling Online (DONGKELOR) Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar = The Innovation of Fairy Tales Online Program (DONGKELOR) at the Makassar City Library Service. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011171511_skripsi cover1.jpg

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011171511_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011171511_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011171511_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

LATHIFA MUTIARA ZAHRA (E011171511), Inovasi Program Dongeng Keliling Online (Dongkelor) di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. (Dibimbing oleh Muh. Tang Abdullah dan Andi Ahmad Yani)
Kegiatan belajar mengajar diseluruh jenjang pendidikan menjadi terhambat dikarenakan pandemi Covid-19. Metode pembelajaran jarak jauh ini tidak meminimalisir aspek literasi, karena siswa hanya membuka soal online yang dimilikinya dan menjadikan kurangnya budaya membaca bagi siswa. Sehingga perpustakaan berusaha melakukan inovasi yang bertujuan manfaatkan media sosial untuk menyebarkan berbagai informasi dan layanan literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses inovasi pelayanan Program Dongeng Keliling Online di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumen yang berhubungan dengan penelitian tersebut
Inovasi program Dongeng Keliling Online (Dongkelor) di Dinas Perpustakaan Kota Makassar mengacu pada teori The Innovation Process menurut William D. Eggers dan Shalabh Kumar Singh (2009), memiliki 4 indikator yang sudah diimplementasikan dengan baik dalam tahapan inovasi terkait program Dongeng Keliling Online (Dongkelor), yaitu pemilihan ide, seleksi, implementasi dan difusi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa keputusan yang diambil dalam inovasi program Dongkelor dapat memberikan layanan informasi dan layanan literasi membaca dalam situasi pandemi Covid-19.

Kata Kunci: Covid-19, Literasi membaca, Perpustakaan, Inovasi Dongeng Keliling Online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:36
Last Modified: 10 Aug 2022 01:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17906

Actions (login required)

View Item
View Item