ANALISIS SISTEM KELOLA PEMBELAJARAN (SIKOLA) DENGAN PENDEKATAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DELONE AND MCLEAN DI UNIVERSITAS HASANUDDIN


Amra, Amra (2022) ANALISIS SISTEM KELOLA PEMBELAJARAN (SIKOLA) DENGAN PENDEKATAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DELONE AND MCLEAN DI UNIVERSITAS HASANUDDIN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover] Text (cover)
E012201008_tesis_26-07-2022 cover dkk.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E012201008_tesis_26-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Di era globalisasi sekarang, perkembangan teknologi semakin pesat begitupun dengan dunia Pendidikan. Universitas Hasanuddin telah menerapkan Sistem Kelola Pembelajaran (SIKOLA) sejak tahun 2019. Namun pada kenyataanya sistem tersebut memiliki beberapa masalah terhadap pengunaannya. Agar suatu system pembelajaran dapat berjalan dengan optimal sesuai dengan keperluan penggunanya, maka perlu adanya evaluasi terhadap sistem informasi tersebut. Evaluasi ini menggunakan metode DeLone & McLean (2003) dengan 6 variabel evaluasi yaitu: information quality, system quality, service quality, use, user satisfaction dan net benefit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesuksesan Sistem Kelola Pembelajaran (SIKOLA). Responden yang digunakan terdiri dari dua kelompok yang berjumlah 200 orang yakni kelompok dosen dan kelompok mahasiswa. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model kesuksesan sistem informasi dari DeLone and McLean. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menjelaskan persepsi responden dan evaluasi terhadap keberhasilan implementasi SIKOLA. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner online. Analisis SEM AMOS versi 24 digunakan untuk menganalisa faktor-faktor determinan implementasi SIKOLA di Universitas Hasanuddin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem pembelajaran SIKOLA yang telah diterapkan di Universitas Hasanuddin belum sukses dalam memberikan manfaat yang baik terhadap penggunanya. Kesimpulan kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean tidak terbukti untuk menilai kesuksesan SIKOLA, sehingga perlu meningkatkan kecepatan akses sistem, meminimalisasi error server, dan meninjau ulang fitur-fitur sistem agar memudahkan dosen dan mahasiswa dalam mengakses.
Kata Kunci Model DeLone dan McLean, e-learning, Analisis Sistem Informasi, SIKOLA

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:13
Last Modified: 26 Jul 2022 06:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17829

Actions (login required)

View Item
View Item