PENERAPAN PENGATURAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN ENREKANG = IMPLEMENTATION OF OPERATIONAL STANDARD ARRANGEMENTS OF PROCEDURES FOR ISSUANCE OF CHILD IDENTITY CARD (KIA) IN THE DEPARTMENT OF POPULATION AND CIVIL REGISTRATION OF ENREKANG


Sulfayanti, Sulfayanti (2021) PENERAPAN PENGATURAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN ENREKANG = IMPLEMENTATION OF OPERATIONAL STANDARD ARRANGEMENTS OF PROCEDURES FOR ISSUANCE OF CHILD IDENTITY CARD (KIA) IN THE DEPARTMENT OF POPULATION AND CIVIL REGISTRATION OF ENREKANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B12116018_skripsi_cover1.jpg

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B12116018_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B12116018_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (690kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B12116018_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SULFAYANTI, B1216018, PENERAPAN PENGATURAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN ENREKANG. (Di bawah bimbingan Muh Hasrul sebagai Pembimbing I dan Romi Librayanto sebagai pembimbing II)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP) pada penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak dan untuk mengetahui pelaksanaan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak dan Standar Operasional Prosedur (SOP).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris, dengan teknik pengumpulan data penelitian lapangan dan kepustakaan. Data dilengkapi dengan data primer dan hasil wawancara dilapangan dan data sekunder dari referensi-referensi seperti peraturan perundang-undangan yang berlaku. Metode analisis yang digunakan adalah kualititaf secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang.
Adapun hasil penelitian ini yaitu : (1) Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah disusun oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang pada tahun 2020 masih terdapat ketidaksesuaian dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (2) Pelaksanaan Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang sejak tahun 2018 nyatanya belum berjalan secara optimal sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak dan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebab masih terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi walaupun tidak dipenuhi oleh pemohon, proses penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) tetap berjalan dan di proses.

Keywords : Kartu Identitas Anak, Standar Operasional Prosedur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Aug 2022 00:57
Last Modified: 04 Aug 2022 00:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17771

Actions (login required)

View Item
View Item