Efektivitas pemungutan retribusi rumah potong hewan di kabupaten Tana Toraja = Effectiveness of collection retribution of slaughterhouse in Tana Toraja Regency


Patasik, Oliver Manuel (2020) Efektivitas pemungutan retribusi rumah potong hewan di kabupaten Tana Toraja = Effectiveness of collection retribution of slaughterhouse in Tana Toraja Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E21115303_skripsi_cover1.jpg

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E21115303_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E21115303_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E21115303_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Oliver Manuel Patasik (E21115303) Efektivitas Pemungutan Retribusi Rumah Potong Hewan di Kabupaten Tana Toraja, xiv + 95 Halaman + 6 Gambar + 14 Tabel + 28 Daftar Pustaka, dibimbing oleh Prof. Dr. Rakhmat, MS dan Dr. Hamsinah, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat efektivitas dan proses pemungutan retribusi rumah potong hewan. Peraturan Daerah tentang Retribusi Rumah Potong Hewan merupakan salah satu upaya dari pemerintah Kabupaten Tana Toraja untuk mendapatkan sumber Pendapatan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah seiring dengan diberlakukannya otonomi daerah. Tiga indikator yang digunakan untuk melihat efektivitas retribusi Rumah Potong Hewan adalah indikator kuantitas, kualitas dan waktu.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dimana penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran atau penjelasan yang tepat mengenai permasalahan yang dihadapi dengan didukung oleh data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi serta melalui studi pustaka.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pemungutan retribusi Rumah Potong Hewan di Kabupaten Tana Toraja belum berjalan dengan efektif. Penyebab dari tidak efektifnya pemungutan retribusi ini di akibatkan karena petugas pemungut retribusi yang belum bisa melaksanakan tugas dan wewenangnya secara bertanggungjawab. Penyetoran hasil retribusi yang tidak memilik jadwal pasti turut menjadi penyebab tidak efektifnya proses pemungutan retribusi.

Keywords : Efektivitas,retribusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:31
Last Modified: 01 Aug 2022 02:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17745

Actions (login required)

View Item
View Item