ANALISIS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BIAK NUMFOR = PERFORMANCE ANALYSIS OF STATE CIVIL APPARATUS IN THE DEMOGRAPHY AND CIVIL REGISTRATION OFFICE OF BIAK NUMFOR REGENCY


Amiruddin, Amiruddin (2021) ANALISIS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BIAK NUMFOR = PERFORMANCE ANALYSIS OF STATE CIVIL APPARATUS IN THE DEMOGRAPHY AND CIVIL REGISTRATION OFFICE OF BIAK NUMFOR REGENCY. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E013181004_disertasi cover1.jpg

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E013181004_disertasi bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013181004_disertasi daftar pustaka.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013181004_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Amiruddin. Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfor.

Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk menganalisis dan mengkaji secara empirik Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfor, 2) Untuk mengetahui dan menganalisis dimensi yang membentuk dari kinerja pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfor, 3) Untuk mengetahui dan menganalisis model kinerja Aparatur Sipil Negara pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfor.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berusaha menggambarkan realita empiris dibalik fenomena yang terjadi dan mencocokkan dengan teori yang ada dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan telaah dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kinerja Aparatur Sipil Negara di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfor yang dilihat dari unsur-unsur; kuantitas kerja, kualitas kerja, pengetahuan kerja, kreatifitas pegawai, kesadaran diri, inisiatif, serta kualitas pribadi, secara keseluruhan terlihat baik. Namun masih terdapat pegawai yang menunjukkan keterampilan yang masih kurang dalam melaksanakan pekerjaannya. (2) Faktor individu dan faktor kepemimpinan mendorong terciptanya kinerja, diantara faktor individu yaitu: kompetensi, pengetahuan, sikap kerja, komitmen serta motivasi. Faktor kepemimpinan berupa pemberian reward dalam bentuk pujian maupun pengakuan dari pimpinan kepada bawahan adalah dimensi yakinerja aparatur sipil negara; (3) Pada tataran model, maka peneliti merekomendasikan model yang sebaiknya dilaksanakan, yaitu; a) Dengan keterampilan aparatur sipil Negara akan menghasilkan kinerja yang optimal, maka segala proses kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfor dapat berjalan sesuai dengan visi, misi dan tujuan serta prosedur-prosedur yang telah ditentukan, b) Pimpinan yang memberikan motivasi kepada bawahan berupa pemberian reward dalam bentuk akan mendatangkan kepuasan kerja yang menciptakan peningkatan kinerja, c) Untuk meningkatkan kinerja aparatur sipil Negara pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfor para aparatur sipil Negara hendaknya mengedepankan aspek nilai-nilai kearifan lokal dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

Keywords : Kinerja, Aparatur Sipil Negara, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfor.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:51
Last Modified: 01 Aug 2022 01:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17739

Actions (login required)

View Item
View Item