Strategi Pemerintah Indonesia dalam merespon perubahan kebijakan keimigrasian jepang tahun 2018 = The strategy of the Indonesian government in responding to Japanese immigration policy in 2018


Brilianti, Christa Utami (2020) Strategi Pemerintah Indonesia dalam merespon perubahan kebijakan keimigrasian jepang tahun 2018 = The strategy of the Indonesian government in responding to Japanese immigration policy in 2018. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E13116506_skripsi_cover1.jpg

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E13116506_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (665kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E13116506_skripsi_dp.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E13116506_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Jepang sebagai salah satu negara maju nyatanya sedang mengalami permasalahan demografi yakni menurunnya penduduk usia produktif yang akhirnya menimbulkan beberapa dampak, salah satunya yaitu labor shortage. Dalam mengatasi persoalan ini Jepang mulai membuka pintu imigrasinya dengan sejumlah aturan tertentu untuk mengisi sektor tenaga kerja.

Kerjasama yang dibentuk rupanya masih belum mampu menangani fenomena labor shortage di Jepang, oleh sebab itu Jepang memutuskan untuk merevisi kebijakan keimigrasiannya yang ditujukan kepada beberapa negara berkembang untuk mentransfer sumber daya manusianya dalam hal ini ialah negara Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti respon serta adaptasi yang dilakukan Indonesia dalam merespon kebijakan keimigrasian Jepang terbaru.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan kebijakan keimigrasian Jepang memberi pengaruh baik bagi kebijakan ketenagakerjaan Indonesia yakni dalam pelayanan yang disediakan Indonesia bagi calon pekerja migran Indonesia serta anggaran bantuan pelatihan Bahasa yang mana menjadi kendala utama peserta. Adapun strategi yang telah dirancangkan pemerintah Indonesia untuk beberapa tahun kedepan yakni bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan.

Keywords : Kekurangan tenaga kerja, populasi menua, Kerjasama Bilateral, Kebijakan Keimigrasian, Kebijakan Pekerja Migran, Jepang, Indonesia, Reaksi dan pengaruh, Strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:49
Last Modified: 01 Aug 2022 01:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17735

Actions (login required)

View Item
View Item