Kendala dan Prospek Kerjasama Keamanan Maritim Antara Indonesia dengan Negara - Negara ASEAN = Constraints and Prospects Of Maritime Security Cooperations Between Indonesia and ASEAN Countries.


Mujahidah, Ainil Azra (2021) Kendala dan Prospek Kerjasama Keamanan Maritim Antara Indonesia dengan Negara - Negara ASEAN = Constraints and Prospects Of Maritime Security Cooperations Between Indonesia and ASEAN Countries. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E13116013_skripsi_cover1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E13116013_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E13116013_skripsi_dp.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E13116013_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAKSI
Ainil Azra Mujahidah (E13116013) dengan judul skripsi “Kendala dan Prospek Kerjasama Keamanan Maritim Antara Indonesia dengan Negara – Negara ASEAN”, dibawah bimbingan Drs. Patrice Lumumba, MA. selaku pembimbing I, dan Drs. Aspiannor Masrie selaku pembimbing II pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala – kendala serta prospek dari kerjasama keamanan maritim antara Indonesia dengan negara – negara ASEAN. Data diperoleh melalui telaah pustaka dan studi literatur berupa buku, jurnal, dokumen, laporan resmi dan berbagai sumber lainnya. Data dianalisis secara kualitatif, adapun data kuantitatif digunakan sebagai penunjang untuk memperjelas analisis kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan kendala utama yang dihadapi Indonesia dengan negara – negara ASEAN dalam melaksanakan kerjasama keamanan maritim ialah trust issues dan kapabilitas militer dan alokasi dana yang berbeda – beda setiap negara. Permasalahan trust issue ini dipicu oleh konflik kedaulatan dan perbatasan laut teritorial yang tumpang tindih. Sedangkan, untuk permasalahan perbedaan kapabilitas militer dan alokasi dana di setiap negara turut menjadi kendala dalam pelaksanaan kerjasama keamanan maritim ini karena dianggap kurang optimal dalam menjaga laut yang bermasalah. Adapun prospek dari kerjasama keamanan maritim antara Indonesia dan negara – negara ASEAN masih sangat terbuka, hal ini didorong oleh aktivitas ekonomi di kawasan sangat masif sehingga membutuhkan keamanan dan armada laut yang besar. Selain itu, urgensitas untuk menahan laju penyebaran terorisme yang sangat masif melalui laut juga merupakan poin dasar dalam membuka keran kerjasama.
Keywords : Kerjasama Keamanan Maritim, Indonesia, Negara – Negara ASEAN, Laut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:27
Last Modified: 28 Jul 2022 07:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17724

Actions (login required)

View Item
View Item