Pesan-pesan Maritim dalam Makassar Biennale 2019


Aprilya, Aziziah Diah (2021) Pesan-pesan Maritim dalam Makassar Biennale 2019. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
E31115308_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
E31115308_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31115308_skripsi_cover1.jpg

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E31115308_skripsi_dp.pdf

Download (146kB)

Abstract (Abstrak)

AZIZIAH DIAH APRILYA. Pesan-pesan Maritim Dalam MakassarBiennale 2019. Dibimbing oleh Muliadi Mau selaku pembimbing pertama dan Sitti Murniati Muhtar selaku pembimbing kedua. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pesan-pesan maritim yangdirepresentasikan dalam Makassar Biennale 2019; (2) Mengetahui representasi pesan-pesan maritim dalam Makassar Biennale 2019.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) bulan, terhitung mulai dari Agustus hingga September 2020. Penelitian ini berlangsung di Yayasan Makassar Biennale. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dengan data primer yang didapatkan dari hasil observasi juga wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian pustaka dan literatur-literatur yang relevan dengan objek yang diteliti. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan maritim yang direpresentasikan oleh Makassar Biennale 2019 adalah Dari hasil penelitian mengenai pesan maritim dalam Makassar Biennale 2019, peneliti mengambil kesimpulan bahwa pesan-pesan maritim yang direpresentasikan oleh Makassar Biennale 2019 adalah maritim sebagai ekosistem hulu hingga hilir, sehingga maritim tidak dilihat sebagai kata benda yang terbatas pada lautan namun juga “proses” dari kondisi geografis yang ada di sekelilingnya hingga menyangkut pada budaya, politik dan kehidupan sosial. Oleh karena itu pada Makassar Biennale 2019 ini, tema “Maritim” memiliki subtema yaitu Migrasi, Sungai dan Kuliner.

Pesan maritim tersebut lalu direpresentasikan melalui berbagai bentuk kegiatan yaitu pameran seni rupa, simposium, residensi, diskusi, lokakarya dan wicara seniman. Setiap bentuk kegiatan itu juga merupakan pengejawantahan pesan maritim sebagai ekosistem hulu hingga hilir, produksi pengetahuan hingga pameran karya seni rupa mengenai maritim yang melibatkan semua lapisan warga, seniman dan akademisi untuk terlibat aktif dalam penciptaan karya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Maritim, Seni Rupa, Event, Makassar Biennale
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:36
Last Modified: 27 Jul 2022 05:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17702

Actions (login required)

View Item
View Item