Pengaruh Kerjasama Indonesia-Malaysia di Sektor Pariwisata Terhadap Kunjungan Wisatawan Malaysia ke Indonesia = The Impact of Indonesia-Malaysia Cooperation in Tourism Sector towards The Visits of Malaysian Tourists to Indonesia


Rivaldi, Andi (2021) Pengaruh Kerjasama Indonesia-Malaysia di Sektor Pariwisata Terhadap Kunjungan Wisatawan Malaysia ke Indonesia = The Impact of Indonesia-Malaysia Cooperation in Tourism Sector towards The Visits of Malaysian Tourists to Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E13113532_skripsi_cover1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E13113532_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E13113532_skripsi_dp.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E13113532_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Rivaldi, E131 13 532, dengan judul skripsi “Pengaruh Kerjasama Indonesia-Malaysia di Sektor Pariwisata terhadap Kunjungan Wisatawan Malaysia ke Indonesia” di bawah bimbingan Seniwati, S.Sos, M.Hum, Ph.D selaku pembimbing I dan Ishaq Rahman, S.IP, M.Si selaku pembimbing II, Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi Indonesia dalam menjalin kerjasama dengan Malaysia di sektor pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Malaysia ke Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-analitik. Data diperoleh melalui telaah pustaka dan studi literatur berupa buku, jurnal, dokumen, situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan berbagai sumber lainnya. Data dianalisis secara kualitatif, adapun data kuantitatif digunakan sebagai penunjang untuk memperjelas analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang dilakukan oleh Indonesia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan malaysia ke Indonesia. Strategi yang dilakukan oleh Indonesia difokuskan pada hubungan bilateral, diplomasi budaya dan Wonderful Indonesia. Dampak dari strategi tersebut adalah meningkatnya kunjungan wisatawan Malaysia di tiap tahunnya pada periode pertama masa pemerintahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di tahun 2014-2019.
Keywords : Hubungan Bilateral, Pariwisata, Indonesia Malaysia, Wonderful Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:35
Last Modified: 27 Jul 2022 05:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17701

Actions (login required)

View Item
View Item