Salu, Stenly Putra (2022) Analisis Pengaruh Literasi Keuangan dan Intuisi Terhadap Keputusan Keuangan Para Guru Dengan Perilaku Keuangan Sebagai Variabel Intervening = The Effect of Financial Literacy and Intuition Towards Financial Decision of Teachers with Financial Behavior As Intervening Variable. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
A31115323_skripsi_13-07-2022 cover1.png
Download (141kB) | Preview
A31115323_skripsi_13-07-2022 1-2.pdf
Download (976kB)
A31115323_skripsi_13-07-2022 dp.pdf
Download (223kB)
A31115323_skripsi_13-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan intuisi terhadap keputusan keuangan para guru dengan perilaku keuangan sebagai variabel intervening di antara literasi keuangan dan keputusan keuangan. Populasi penelitian ini adalah guru di wilayah Kecamatan Maros Baru. Total sampel pada penelitian ini berjumlah 102 sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan ke sejumlah guru SD, SMP dan SMA. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan, perilaku keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan keuangan, dan intuisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan keuangan. Secara umum menunjukkan bahwa literasi keuangan dan intuisi mempengaruhi proses pengambilan keputusan keuangan para guru di Kecamatan Maros Baru.
Keywords : Literasi Keuangan, Intuisi, Perilaku Keuangan, Keputusan Keuangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Ilmu Akuntasi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 02:11 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 02:11 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17666 |