Representasi dan Kritik Sosial Pendidikan dalam Film Captain Fantatic


Kurniawan, Kurniawan (2021) Representasi dan Kritik Sosial Pendidikan dalam Film Captain Fantatic. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
E31114312_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31114312_skripsi cover1.jpg

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E31114312_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
E31114312_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
KURNIAWAN. Representasi dan Kritik Sosial Pendidikan dalam Film Captain Fantastic (Dibimbing oleh Moeh. Iqbal Sultan dan Nurul Ichsani).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi representasi dan kritik sosial pendidikan dalam film Captain Fantastic melalui scene yang ada di dalam film tersebut. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 12 bulan yaitu mulai dari Juni 2020 – Juni 2021.
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui pengamatan secara menyeluruh terhadap objek penelitian yaitu film Captain Fantastic yang berdurasi 120 menit. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah film Captain Fantastic dengan mengobservasi aspek komunikasi dan semiotika yang di dalamnya terdapat unsur makna denotatif, makna konotatif serta mitos.
Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan model semiotika Roland Barthes yang terdiri dari tatanan tanda yaitu, denotasi, konotasi dan mitos. Data pendukung (data sekunder) dalam penelitian ini diperoleh melalui media studi pustaka untuk mendapat teori-teori yang relevan dan data-data yang dapat dipakai untuk menyelesaikan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan di representasikan dalam film Captain Fantastic adalah Pendidikan yang memerdekakan, penuh dialog dan pendidikan hadap masalah, representasi pendidikan ini mencoba mengkritik sistem pendidikan yang ada saat ini, di mana pendidikan cenderung membelenggu, di mana pendidik diposisikan sebagai subjek, dan peserta didik sebagai objek yang tak tahu apa-apa, sehingga sangat jarang terjadi dialog dua ara antara pendidik dan peserta didik, yang mengakibatkan pengetahuan atau penyadaran akan diri sendiri dan lingkungan peserta didik tak berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Kritik Sosial, Pendidikan, Film, Semiotika, Captain Fantastic
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:09
Last Modified: 27 Jul 2022 02:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17660

Actions (login required)

View Item
View Item