Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Belajar pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin di Tahun Ketiga Pandemi Covid-19 = Factors Relating to Learning Interestin Nursing Students at Hasanuddin University in the Third Year of the Covid-19


Rahmatullah, Marhamah Putri (2022) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Belajar pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin di Tahun Ketiga Pandemi Covid-19 = Factors Relating to Learning Interestin Nursing Students at Hasanuddin University in the Third Year of the Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011181339_skripsi_01-07-2022 cover1.png

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011181339_skripsi_01-07-2022 1-2.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011181339_skripsi_01-07-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011181339_skripsi_01-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Marhamah Putri Rahmatullah. R011181339. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin Di Tahun Ketiga Pandemi Covid-19, dibimbing oleh Hapsah dan Akbar Harisa (xi + 80 Halaman + 8 Tabel + 9 Lampiran)
Latar Belakang: Minat belajar merupakan ketertarikan atau kecenderungan seseorang dalam melakukan suatu kegiatan belajar. Minat belajar pada peserta didik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Tujuan: Mengetahui faktor faktor yang berhubungan minat belajar pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin di tahun ketiga pandemic covid-19.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan design cross sectional yang dilakukan terhadap 227 responden dengan teknik Proportional quota sampling.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara motivasi belajar (p-value= 0,000) , perhatian belajar (p-value= 0,000), mekanisme koping (p-value= 0,034), dukungan keluarga (p-value= 0,000), dan lingkungan kampus (p-value= 0,000) dengan minat belajar mahasiswa keperawatan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin.
Kesimpulan dan Saran: Motivasi belajar, perhatian belajar, mekanisme koping, dukungan keluarga, dan lingkungan kampus memiliki hubungan dengan minat belajar responden. Oleh karena itu diperlukan adanya upaya-upaya preventif untuk pencegahan terjadinya menurunnya minat belajar mahasiswa oleh berbagai pihak di perguruan tinggi.
Keywords : Minat Belajar, Mahasiswa, Keperawatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:03
Last Modified: 26 Jul 2022 01:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17616

Actions (login required)

View Item
View Item