Kuasa Algoritma dan Resiliensi Khalayak Pengguna Media Sosial = Algorithm's Power and The Resilience of Social Media Users


Wulandari, Sri Riski (2021) Kuasa Algoritma dan Resiliensi Khalayak Pengguna Media Sosial = Algorithm's Power and The Resilience of Social Media Users. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022182009_tesis_cover1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022182009_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022182009_tesis_dp.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022182009_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

SRI RISKI WULANDARI. Kuasa Algoritma dan Resiliensi Khalayak Pengguna Media Sosial (dibimbing oleh Andi Alimuddin Unde dan Muliadi Mau).

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui dan menganalisis tingkat penggunaan media sosial (Instagram dan Facebook), (2) menggali dan menganalisis tingkat kuasa algoritma media sosial (Instagram dan Facebook) terhadap khalayak pengguna, (3) menganalisis dan memelajari kemampuan resiliensi khalayak pengguna media sosial (Instagram dan Facebook), (4) melihat dan menganalisis pengaruh kuasa algoritma media sosial (Instagram dan Facebook) terhadap resiliensi khalayak pengguna.

Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jumlah sampel penelitian adalah 236 orang (119 responden Instagram dan 117 responden Facebook). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, kuesioner (kombinasi pertanyaan tertutup dan semi terbuka), dan studi kepustakaan. Teknik analisis data melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana dan statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat penggunaan media sosial Instagram dan Facebook masyarakat secara umum dominan berada pada kategori sedang dan tinggi (2) tingkat kuasa algoritma/media sosial memiliki kuasa yang besar atau tinggi terhadap khalayak penggunanya, baik pada media sosial Instagram maupun media sosial Facebook dengan persentase masing-masing sebesar 84,9% dan 82,9% (3) resiliensi responden khalayak Instagram dan Facebook secara keseluruhan cenderung tinggi, sebesar 66,4% pada responden Instagram dan 75,2% pada responden Facebook. Akan tetapi, dengan persentase yang juga masih cukup besar yakni sebanyak 33,6% responden Instagram dan 24,8% responden Facebook masih memiliki tingkat resiliensi yang rendah (4) kuasa algoritma media sosial Instagram tidak berpengaruh signifikan terhadap resiliensi khalayak pengguna media sosial Instagram, sedangkan kuasa algoritma media sosial Facebook berpengaruh terhadap resiliensi khalayak pengguna media sosial Facebook. Meski demikian, pengaruh yang diberikan juga termasuk sangat rendah yakni 4,5%.
Keywords : kuasa algoritma, media sosial, Instagram dan Facebook, resiliensi khalayak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Jul 2022 00:59
Last Modified: 22 Jul 2022 00:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17568

Actions (login required)

View Item
View Item