PENGGUNAAN INSTAGRAM DALAM EKSPRESI DIRI (FENOMENA SOSIAL DIKALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS HASANUDDIN) = Using Instagram in Self-Expression (Social Phenomenon Communication of Hasanuddin University)

Asyari, Khaerunnisa (2021) PENGGUNAAN INSTAGRAM DALAM EKSPRESI DIRI (FENOMENA SOSIAL DIKALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS HASANUDDIN) = Using Instagram in Self-Expression (Social Phenomenon Communication of Hasanuddin University). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021171507_skripsi_cover1.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021171507_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021171507_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
E021171507_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah: (a) Untuk mendeskripsikan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin mengekspresikan dirinya di media sosial Instagram; (b) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Instagram sebagai media ekspresi diri.
Penelitian ini menggunakan Instagram sebagai media ekspresi diri. Penelitian dilakukan di Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Hasanuddin selama empat bulan sejak bulan April 2021 hingga Juli 2021. Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini mengungkapkan Mahasiswa Ilmu Komunikasi mengekspresikan diri dengan cara menshare, mempublikasikan dan membagikan segala kegiatannya kepada publik, dalam hal ini followersnya baik yang bersifat pribadi maupun terbuka secara umum yang bisa dipublikasikan kepada orang lain. Ekspresi diri ini memanfaatkan fasilitas di media sosial instagram seperti fitur-fitur instastory, feeds, IGTV, serta didukung oleh filter yang dapat mengubah atau mengatur kontras dan pencahayaan foto/video, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi tidak memaksimalkan instagram sebagai sarana mengekspresikan diri mereka lebih memilih media sosial lain seperti tiktok.
Adapun kelebihan utama dari Instagram yaitu jumlah pertemanan tak terbatas, jika dibandingkan dengan media sosial facebook yang jumlah pertemanannya terbatas. Selain itu, durasi video pada laman instagram terbatas hanya satu menit sehingga konten atau topik bahasan lebih efisien yang membuat minimnya penggunaan data. Di sisi lain, kebanyakan milenial kurang tertarik dengan konten berdurasi panjang. Hal ini menjadi pemicu untuk menjadi lebih kreatif. Sementara itu, kekurangan instagram antara lain terkait algoritma instagram yang tidak menentu yang menjadikan unggahan dengan mudah tergantikan dengan postingan terbaru. Kekurangan lainnya, berupa borosnya penggunaan data ketika mengakses instagram. Ternyata selain dua hal yang di atas ditemukan juga mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin tidak aktif dalam menggunakan instagram untuk mengekspresikan diri.
Keywords : Ekspresi Diri, Instagram, Fenomena Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Jul 2022 00:54
Last Modified: 22 Jul 2022 00:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17559

Actions (login required)

View Item
View Item