Efektivitas Frekuensi Penggunaan Instagram @jajanan_makassar Terhadap Peningkatan Keterlibatan Pengikut (Followers' Engagement) = The Effectiveness Frequency Use of Instagram @jajanan_makassar as a Promotional Media For Increasing Followers' Engagement


Elli, Elsa Elisiana (2021) Efektivitas Frekuensi Penggunaan Instagram @jajanan_makassar Terhadap Peningkatan Keterlibatan Pengikut (Followers' Engagement) = The Effectiveness Frequency Use of Instagram @jajanan_makassar as a Promotional Media For Increasing Followers' Engagement. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021171315_skripsi_cover1.jpg

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021171315_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (21MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021171315_skripsi_dp.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021171315_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas media promosi Instagram @jajanan_makassar terhadap peningkatan keterlibatan pengikut (engagement followers), serta keterlibatan pengikut setelah melihat promosi yang dilakukan akun @jajanan_makassar.

Penelitian ini menggunakan Instagram @jajanan_makassar sebagai objek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan sejak bulan Februari 2021 hingga Mei 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Teknik propability sampling. Total responden yang didapat sebanyak 347 responden. Metode pengumpulan data yaitu melalui penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan dengan mengkaji buku-buku, hasil penelitian, dan literatur-literatur. Dengan menggunakan teori EPIC Model untuk mengukur efektivitas iklan. Data yang dikumpulkan kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media promosi Instagram @jajanan_makassar efektif terhadap peningkatan keterlibatan pengikut (engagement followers) dengan mendapatkan EPIC rate 4,07, serta tingkat keterlibatan pengikut dengan persentasi 80,2% dari total keselurahan responden menyatakan pernah membeli produk setelah melihat promosi yang dilakukan akun @jajanan_makassar.
Kata Kunci: efektivitas, Instagram, EPIC Model, @jajanan_makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:19
Last Modified: 21 Jul 2022 03:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17553

Actions (login required)

View Item
View Item