EKSPRESI DIRI FUJOSHI TERHADAP KONTEN BOYS LOVE DI TWITTER = FUJOSHI’S SELF – EXPRESSION OF BOYS LOVE CONTENT ON TWITTER

Aisah, Sitti Nur (2021) EKSPRESI DIRI FUJOSHI TERHADAP KONTEN BOYS LOVE DI TWITTER = FUJOSHI’S SELF – EXPRESSION OF BOYS LOVE CONTENT ON TWITTER. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021171007_skripsi cover1.jpg

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021171007_skripsi bab 1-2.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021171007_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021171007_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui konsep diri para fujoshi di media sosial twitter. (2) Untuk mengetahui gambaran para fujoshi dalam mengekspresikan identitas dirinya dan perilaku seksualnya melalui twitter. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan sejak bulan Maret hingga Mei 2021. Tipe penelitian ini menggunakan tipe kualititatif yang bersifat deskriptif dengan metode netnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara online, dokumentasi, dan observasi partisipatif agar mendapatkan informasi sebanyak mungkin.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri fujoshi dalam media sosial twitter adalah konsep diri positif, dipengaruhi oleh kesadaran diri para fujoshi sebagai seseorang pecinta konten homoseksual adalah sesuatu yang salah, penilaian orang lain, dan cara fujoshi menanggapi penilaian tersebut. Selain itu, para fujoshi mengekspresikan identitas dirinya sebagai fujoshi melalui aktivitas-aktivitasnya dalam mengakses konten boys love di twiiter. Sedangkan cara fujoshi dalam mengekspresikan perilaku seksualnya khususnya fantasi-fantasi erotiknya yaitu dengan membaca atau menciptakan sendiri sebuah fanwork seperti fanfiction / alternative universe bertema boys love.
Keywords : Fujoshi, Konsep Diri, Ekspresi Diri, Twitter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:17
Last Modified: 21 Jul 2022 03:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17548

Actions (login required)

View Item
View Item