Makna Verbal dan Nonverbal dalam "Ritual Maggiri pada Bissu" di Kabupaten Bone = Verbal and Nonverbal Meanings in the "Maggiri Ritual of Bissu" in Bone Regency


Majid, Dian Ekawati (2021) Makna Verbal dan Nonverbal dalam "Ritual Maggiri pada Bissu" di Kabupaten Bone = Verbal and Nonverbal Meanings in the "Maggiri Ritual of Bissu" in Bone Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021171006_skripsi cover1.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021171006_skripsi bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021171006_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021171006_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Dian Ekawati Majid. Makna Verbal dan Nonverbal dalam “Ritual Maggiri pada Bissu” di Kabupaten Bone. (Dibimbing oleh Abd Gafar dan H. Muhammad Farid).
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan pesan verbal dalam nyanyian doa yang terkandung pada ritual tarian Maggiri. (2) Untuk menganalisis makna pesan simbolik nonverbal dalam prosesi ritual tarian Maggiri.
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa makna verbal pada Ritual Maggiri berupa nyanyian doa (memmang) yang mengandung pesan-pesan, permohonan ijin, permohonan berkah serta doa kesalamatan kepada dewata sewwa’e. Atraksi Maggiri menyiratkan berbagai makna nonverbal dari penggunaan simbol dengan komponen-komponen yang terdiri dari baju bodo, keris dan alusu. Atraksi Ritual Maggiri ini dilatarbelakangi oleh keyakinan Bissu tentang adanya ilham yang akan diberikan dewata, dan terhidar dari bahaya (tulak bala).
Keywords : Komunikasi antarbudaya, Makna Verbal dan Nonverbal, Ritual Maggiri, Bissu, Kabupaten Bone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:16
Last Modified: 21 Jul 2022 03:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17547

Actions (login required)

View Item
View Item