SHOPAHOLIC; STUDI ETNOGRAFI TENTANG PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR = SHOPAHOLIC; Study of Anthropology of Consumptive Behavior among Students in Makassar City


Ginting, Hery Handika (2021) SHOPAHOLIC; STUDI ETNOGRAFI TENTANG PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR = SHOPAHOLIC; Study of Anthropology of Consumptive Behavior among Students in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E51114019_skripsi_cover1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E51114019_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E51114019_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E51114019_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)

Abstract (Abstrak)

HERY HANDIKA GINTING (E51114019). SHOPAHOLIC; Studi Etnografi Tentang Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa di Kota Makassar. Dibawah bimbingan Prof. Dr.Supriadi Hamdat, MA sebagai pemmbimbing I, dan Dr. Tasrifin Tahara, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa dan faktor penyebab mahasiswa berperilaku shopaholic. Penulis tertarik meneliti hal ini karena adanya suatu gaya hidup mewah yang terjadi pada mahasiswa dan tidak biasa terjadi di kampus sebagaimana kampus diidentikkan dengan nuansa akademik dan sederhana.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan adapun lokasi penelitian yaitu lingkungan kampus Universitas Hasanuddin dan kota Makassar. Sumber data dalam penlitian ini diperoleh dari hasil wawancara observasi tindakan informan,dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa shopaholic dilihat sebagai gaya hidup mewah yang dilihat dari aktifitas, minat, serta penampilan secara fisik. Kemudian penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana bentuk-bentuk perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa yang dimaknai sebagai bentuk prestise, sebagai bentuk gaya hidup mewah dan ekslusif, serta sebagai bentuk eksistensi diri. Kemudian menjelaskan tentang faktor penyebab mahasiswa berperilaku shopaholic ialah terbagi atas dua factor, faktor yang pertama ialah factor internal kemudian faktor yang kedua adalah faktor eksternal. Adapun faktor internal meliputi tujuan, motif dan keuntungan, kemudian manajemen kebutuhan dan hasrat gaya hidup mewah, serta sikap. Sedangkan faktor eksternal terdiri atas lingkungan pergaulan, keluarga, media sosial, serta kampus sebagai arena bergaya dan munculnya banyak tempat hiburan di Kota Makassar.
Kata kunci; Shopaholic, Gaya Hidup, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:25
Last Modified: 21 Jul 2022 02:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17537

Actions (login required)

View Item
View Item