KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN PADA BLOK SPECIAL SENSE DENGAN SISTEM BLENDED LEARNING (DARING SECARA VIDEO CONFERENCE DAN VIDEO RECORDING ) MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN ANGKATAN 2018


Ralla, Sylvania Rizqilitha (2022) KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN PADA BLOK SPECIAL SENSE DENGAN SISTEM BLENDED LEARNING (DARING SECARA VIDEO CONFERENCE DAN VIDEO RECORDING ) MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN ANGKATAN 2018. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C011181331_skripsi_22-06-2022 cover1.png

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C011181331_skripsi_22-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C011181331_skripsi_22-06-2022 dp.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C011181331_skripsi_22-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Akibat adanya pandemic COVID-19 yang melanda dunia, membuat perguruan tinggi harus mengubah sistem pembelajaran menjadi belajar dari rumah. Salah satu metode yang digunakan yaitu sistem blended learning yang menggabungkan sistem live conference dan video recording dalam proses belajarnya.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengetahui Hasil Karakteristik Pembelajaran Pada Blok Special Sense Dengan Sistem Blended learning (Daring Secara Video Conference Dan Video recording ) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Angkatan 2018.
Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat deskriptif cross sectional menggunakanm data primer dari hasil kuesioner yang disebarkan pada sampel dengan metode total sampling.

Hasil : Dari 220 sampel yang diteliti didapatkan bahwa mahasiswa memiliki motivasi belajar yang netral ( 67%), dengan tingkat pemahaman materi pada taraf paham (60%). Mahasiswa menilai sistem blended learning yang efektif (71%),serta memilih system pembelajaran Blended Learning dengan menggunakan gabungan Live Conference dan Video Recording sebanyak(78)%

Kesimpulan : Sistem blended learning memiliki hasil luaran yang baik pada mahasiswa Angkatan 2018 , dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran , namun ditemukan beberapa kendala pada perangkat pembelajaran (laptop dan handphone), jaringan internet yang kurang stabil ,sulit berkonsentrasi dan masalah kesehatan berupa kelelahan mata dan nyeri punggung .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:26
Last Modified: 15 Jul 2022 01:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17506

Actions (login required)

View Item
View Item