SOLIDARITAS SOSIAL KOMUNITAS KAMPUNG MUALLAF (Studi Kasus di Dusun Patambia, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang) = SOCIAL SOLIDARITY OF THE MUALLAF VILLAGE COMMUNITY (A Case Study in Patambia Hamlet, Betteng Village, Lembang District, Pinrang Regency)


Dewi, Ilyana (2021) SOLIDARITAS SOSIAL KOMUNITAS KAMPUNG MUALLAF (Studi Kasus di Dusun Patambia, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang) = SOCIAL SOLIDARITY OF THE MUALLAF VILLAGE COMMUNITY (A Case Study in Patambia Hamlet, Betteng Village, Lembang District, Pinrang Regency). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E41116011_skripsi_cover1.jpg

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E41116011_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E41116011_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E41116011_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Ilyana Dewi, E411 16 011. Judul Skripsi “Solidaritas Sosial Komunitas Kampung Muallaf (Studi Kasus di Dusun Patambia, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang)”. Dibimbing oleh Suparman Abdullah dan Nuvida Raf. Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terbentuknya komunitas Muallaf dan bagaimana praktek-praktek solidaritas sosial di Kampung Muallaf, serta mengetahui kendala dalam membangun solidaritas sosial komunitas muallaf di Dusun Patambia, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.
Pada dasarnya tipe penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. ditujukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Dalam studi ini, peneliti tidak melakukan manipulasi atau memberikan perlakuan khusus terhadap objek penelitian, semua kegiatan atau peristiwa berjalan apa adanya. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu penarikan informan dilakukan secara sengaja dengan kriteria tertentu yakni telah tinggal di Kampung Muallaf sekitar 1 (satu) tahun baik muallaf maupun bukan, dan tokoh masyarakat. Informan tersebut berjumlah 7 (tujuh) orang. Secara khusus mereka dianggap memahami betul dan dapat memberikan informasi yang benar berkaitan dengan masalah penelitian. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen yang berkenaan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk solidaritas pada masyarakat Kampung Muallaf adalah cenderung ke solidaritas mekanik yang dibuktikan pada suatu kesadaran kolektif dan tingkat homogenitas yang tinggi. Solidaritas Mekanik pada masyarakat Kampung Muallaf dibuktikan pada suatu kesadaran kolektif dan tingkat homogenitas yang tinggi. Praktek solidaritas pada komunitas muallaf berupa gotong-royong dan saling bantu-membantu ketika ada yang membutuhkan. Namun, kesibukan masyarakat dengan urusan pribadi dalam pemenuhan ekonomi menjadikan hubungan dalam masyarakat yang terkait dalam hal gotong royong tampaknya tidak berjalan dengan baik terus-menerus.
Keywords : solidaritas sosial, komunitas,dan muallaf

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:08
Last Modified: 15 Jul 2022 01:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17487

Actions (login required)

View Item
View Item