PEMERTAHANAN BAHASA MELAYU BETAWI DI SETU BABAKAN JAGAKARSA, JAKARTA SELATAN = LANGUAGE MAINTENANCE OF MALAY-BETAWI IN SETU BABAKAN JAGAKARSA, SOUTH JAKARTA


Nur, Tadjuddin (2021) PEMERTAHANAN BAHASA MELAYU BETAWI DI SETU BABAKAN JAGAKARSA, JAKARTA SELATAN = LANGUAGE MAINTENANCE OF MALAY-BETAWI IN SETU BABAKAN JAGAKARSA, SOUTH JAKARTA. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F013181012_disertasi_cover1.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F013181012_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F013181012_disertasi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F013181012_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

TADJUDDIN NUR. Pemertahanan Bahasa Melayu Betawi di Setu Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan (dibimbing oleh Lukman, Kaharuddin, dan Dafirah).

Penelitian ini bertujuan menjelaskan sebab-sebab pemertahanan bahasa Melayu Betawi (BMB) dan menemukan adanya pengaruh sikap bahasa, faktor- faktor sosial, dan identitas budaya Betawi terhadap pemerintahan BMB di Setu Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiolinguistik. Metode yang digunakan adalah metode campuran (mixed method), yakni gabungan antara metode kualitatif dan metode kuantitatif dengan strategi campuran penguatan (concurrent embedded strategy). Lokasi penelitian di perkampungan budaya Betawi Setu Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Populasi penelitian ini adalah orang Betawi yang tinggal di perkampungan budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan sebanyak 12.844 orang. Penyampelan menggunakan rumus Slovin dengan menentukan responden secara acak sederhana (simple random sampling) sebanyak 319 orang. Data yang dianalisis adalah data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMB di perkampungan budaya Betawi Setu Babakan masih bertahan. Hasil analisis data menunjukkan sebab- sebab pemertahanan BMB antara lain pengalihan bahasa ibu yang cukup kuat, loyalitas masyarakat Betawi yang cukup tinggi terhadap BMB, dan BMB yang masih digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Penelitian ini juga membuktikan adanya pengaruh sikap bahasa (kesetiaan bahasa, kebanggaan bahasa, dan norma bahasa), faktor-faktor sosial, dan identitas budaya Betawi terhadap pemertahanan BMB.

Kata kunci: pemertahanan bahasa, budaya Melayu, sikap bahasa, faktor sosial, identitas budaya

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Linguistik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jul 2022 05:04
Last Modified: 13 Jul 2022 05:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17464

Actions (login required)

View Item
View Item