Citra Perempuan Bali dalam Kumpulan Cerpen Sagra Karya Oka Rusmini Tinjaual Kritik Sastra Feminis = The Image of Balinese Women in Oka Rusmini's Sagra Short Short Story Collection Review of Feminist Literary Criticism


Putra, Guntur Mandala (2021) Citra Perempuan Bali dalam Kumpulan Cerpen Sagra Karya Oka Rusmini Tinjaual Kritik Sastra Feminis = The Image of Balinese Women in Oka Rusmini's Sagra Short Short Story Collection Review of Feminist Literary Criticism. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F11115509_skripsi_cover1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F11115509_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F11115509_skripsi_dp.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F11115509_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
MANDALA, GUNTUR PUTRA. Citra Perempuan Bali dalam Kumpulan Cerpen Sagra Karya Oka Rusmini Tinjaual Kritik Sastra Feminis (dibimbing oleh Haryeni Tamin dan Muslimat)
Penelitian ini bertujuan menjelaskan citra perempuan Bali dalam Kumpulan Cerpen Sagra karya Oka Rusmini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori feminis. Pada penelitian sastra istilah yang digunakan sebagai alat bedah adalah kritik sastra feminis. Kritik sastra feminis adalah salah satu kajian karya sastra yang mendasarkan pada pandangan feminisme yang mengingingkan adanya keadilan dalam memandang eksistensi perempuan, baik sebagai penulis maupun dalam karya-karya sastranya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Metode ini menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengelompokkan data dalam cerpen yang berkaitan dengan citra perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perempuan terbagi atas dua yaitu citra diri dan citra sosial. Citra diri terbagi atas dua yaitu citra fisik dan citra psikis. Citra fisik yang dimaksud adalah perempuan cantik. Sedangkan citra psikis yang dimaksud adalah perempuan teguh pendirian. Selanjutnya untuk citra sosial terbagi atas dua yaitu citra dalam keluarga dan citra dalam masyarakat. Citra perempuan dalam keluarga yaitu sebagai seorang anak dan sebagai seorang istri. Sedangkan citra perempuan dalam masyarakat adalah perempuan pekerja.

Kata kunci: Citra perempuan, cerpen, feminis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jul 2022 05:01
Last Modified: 13 Jul 2022 05:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17460

Actions (login required)

View Item
View Item