PENYIMPANGAN PERILAKU DALAM NOVEL SUPERNOVA KESATRIA, PUTRI, DAN BINTANG JATUH KARYA DEWI LESTARI: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA = Deviant Behavior in Novel Supernova, Kesatria, Putri and Bintang Jatuh by Dewi Lestari: Review of Sociology and Literature


Gasali, St.alfiah (2021) PENYIMPANGAN PERILAKU DALAM NOVEL SUPERNOVA KESATRIA, PUTRI, DAN BINTANG JATUH KARYA DEWI LESTARI: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA = Deviant Behavior in Novel Supernova, Kesatria, Putri and Bintang Jatuh by Dewi Lestari: Review of Sociology and Literature. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F11115010_skripsi_cover1.jpg

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F11115010_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (953kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F11115010_skripsi_dp.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F11115010_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ST ALFIAH GASALI. Penyimpangan Perilaku dalam Novel Supernova, Kesatria, Putri Dan Bintang Jatuh Karya Dewi Lestari: Tinjauan Sosiologi Sastra (dibimbing oleh Haryeni Tamin dan Muslimat).
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan penyimpangan perilaku dalam novel Supernova Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh karya Dewi Lestari dan kaitannya dengan kehidupan dalam masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan berpatokan pada teori sosiologi sastra Alan Swingewood dalam mengungkapkan dan menganalisis data.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metode studi pustaka. Metode studi pustaka dengan cara membaca buku-buku serta jurnal yang memiliki keterkaitan dengan objek dan teori penelitian. Analisis data dilakuan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga penyimpangan perilaku yang tergambar di dalam novel Supernova Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh serta memiliki keterkaitan dalam kehidupan masyarakat. Penyimpangan perilaku pada novel tersebut meliputi homoseksual, perselingkuhan, dan pelacuran.

Keywords : Penyimpangan perilaku, novel, sosiologi sastra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:58
Last Modified: 13 Jul 2022 04:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17455

Actions (login required)

View Item
View Item