Makna Simbol pada Rangkaian Tradisi Maddoa’ di Desa Samaenre’ Kabupaten Pinrang = The Meaning of Symbols in the Series of Maddoa' Traditions in Samaenre Village, Pinrang Regency


Mappaoddang, A. (2020) Makna Simbol pada Rangkaian Tradisi Maddoa’ di Desa Samaenre’ Kabupaten Pinrang = The Meaning of Symbols in the Series of Maddoa' Traditions in Samaenre Village, Pinrang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F51115502_skripsi_cover1.jpg

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F51115502_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F51115502_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F51115502_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

A. MAPPAODDANG, Makna Simbol pada Rangkaian Tradisi Maddoa’ di Desa Samaenre’ Kabupaten Pinrang (Pammuda, S.S.,M.Si.,M.Hum (Pembimbing II dan Dr.Ery Iswary, M. Hum (Pembimbing I).
Tujuan penelitian ini adalah mengungkap makna pada simbol yang terdapat pada tradisi Maddoa’ di Desa Samaenre’ Kabupaten pinrang, Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan teori semiotika Pierce, dalam hal menganalisis dan menginterpretasi data. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penulis atau peneliti terlibat secara langsung dalam keseluruhan proses penelitian mulai dari penetapan masalah, kajian pustaka, pengumpulan data, identifikasi data, proses analisis dan interpretasi, sampai pada penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol yang terdapat pada tradisi Maddoa’ Berayun (Maddoa’) Gotong royong , Sarung putih (kemuliaan), Baju Bodo (Pembeda strata sosial dan umur pengguna), Daun siri/ Ota’ (Kedamaian dan kerukunan), Benno’ (Kemandirian) , Dupa (Pembawa Pesan), Kemiri (Perdamaian), Tembakau (Pengobatan) , Pisang raja (kemakmuran), Ayam putih (Manu’ pute) (Relijius), Gendang (Penyembuhan dan penghiburan) , Mattoana (Unsur kehidupan), Telur (Harapan) , Kerbau (Kesyukuran)
Kata kunci: Tradisi Maddoa’, Simbol , Makna, Semiotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:53
Last Modified: 04 Jul 2022 02:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item
View Item