Pemenuhan Hak Narapidana Terhadap Pelayanan Kesehatan di Lapas Kelas IIB Polewali Mandar di Tengah Pandemi Covid-19 = Fulfillment of Prisoners' Rights to Health Services In Class IIB Correctional Institution Polewali Mandar In the Midst of the Covid-19 Pandemic


Mujaddidah, Jihan Annisa (2021) Pemenuhan Hak Narapidana Terhadap Pelayanan Kesehatan di Lapas Kelas IIB Polewali Mandar di Tengah Pandemi Covid-19 = Fulfillment of Prisoners' Rights to Health Services In Class IIB Correctional Institution Polewali Mandar In the Midst of the Covid-19 Pandemic. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171507_skripsi_cover1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171507_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171507_skripsi_dafta pustaka.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171507_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Jihan Annisa Mujaddidah, B011171507, Pemenuhan Hak Narapidana Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Polewali Mandar Di Tengah Pandemi Covid-19, dibimbing oleh Abd. Asis Sebagai Pembimbing Utama dan Amir Ilyas Sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIB Polewali Mandar dalam pemenuhan hak narapidana terhadap pelayanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dan mengetahui kendala Lapas Kelas IIB Polewali Mandar dalam pemenuhan hak narapidana terhadap pelayanan kesehatan di tengah pandemi Covid- 19.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empirik. Adapun sumber data yang digunakan terdiri dari data primer yaitu data dari para pihak yang telah ditentukan sebagai informan atau narasumber di Lapas Kelas IIB Polewali Mandar. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku- buku, internet, dan perundang–undangan yang terkait. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara serta observasi langsung ke lapangan. Keseluruhan data tersebut dianalisis secara deskriptif kualititaif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pemenuhan hak narapidana terhadap pelayanan kesehatan di Lapas Kelas IIB Polewali Mandar ditengah pandemi Covid-19 telah terlaksana denganbaik. Hal ini dapat dibuktikan melaui upaya-upaya yang dilakukan Lapas seperti: melakukan screening pada narapidana saat pertama masuk serta mengisolasi diri diruang ruang sel yang berbeda selama 14 hari sebelum bergabung dengan narapidana yang lain, pengecekan suhu badan seluruh narapidana, memberikan makanan tambahan seperti buah- buahan dan puding, memberikan vitamin tambahan guna menjaga dan meningkatkan imunitas narapidana, serta terdapat inovasi baru pelayanan kesehatan inovasi yaitu Layanan Pengobatan Umum Keliling (Pauli). (2) Kendala- kendala yang dihadapi oleh Lapas Kelas IIB Polewali Mandar dalam pemenuhan hak narapidana terhadap pelayanan kesehatan ditengah pandemi Covid-19 adalah kurangnya anggaran dalam pemenuhan persediaan obat-obatan sehingga masih butuh tambahan obat lagi, belum tersedianya ruangan khusus isolasi sewaktu- waktu terdapat narapidana yang terkena Covid-19, banyaknya pihak yang ingin terlibat dalam pencegahan Covid-19 sehingga kontrol dari petugas kesehatan kurang maksimal, serta kurangnya kesadaran narapidana dalam menerapkan protokol kesehatan seperti 3M (Mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak).
Keywords : Lembaga Pemasyarakatan; Covid-19; Pelayanan Kesehatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:34
Last Modified: 04 Jul 2022 01:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17310

Actions (login required)

View Item
View Item