Aplikasi Ekstrak Buah Crescentia cujete Linn. dan Daun Calotropis gigantea Linn. Terhadap Populasi Beberapa Hama Utama dan Predator pada Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum Mill) = Application of Crescentia cujete Linn Fruit Extract. and Leaves of Calotropis gigantea Linn. Against Several Major Pests and Predators on Tomato Plants (Solanum lycopersicum Mill)


Wahyuni, Dewi (2021) Aplikasi Ekstrak Buah Crescentia cujete Linn. dan Daun Calotropis gigantea Linn. Terhadap Populasi Beberapa Hama Utama dan Predator pada Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum Mill) = Application of Crescentia cujete Linn Fruit Extract. and Leaves of Calotropis gigantea Linn. Against Several Major Pests and Predators on Tomato Plants (Solanum lycopersicum Mill). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011171044_skripsi_cover1.jpg

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011171044_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011171044_skripsi_dp.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011171044_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Ekstrak tumbuhan dilaporkan efektif dalam mengendalikan hama karena mengandung metabolit sekunder yang dapat menimbulkan efek toksik, menjadi pencegah makan, dan penghambat pertumbuhan. Ekstrak buah Cresentia cujete yang mengandung tanin dan Callotropis gigantea yang mengandung senyawa saponin serta bersifat antifertilitas yang efektif dalam mengendalikan keberadaan hama pada tanaman tomat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas dari ekstrak buah maja (C. cujete), biduri (C. gigantean) dan campuran kedua ekstrak terhadap keberadaan hama utama dan predator pada tanaman tomat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2020-Januari 2021. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari empat perlakuan dan empat ulangan, dengan perlakuan yaitu kontrol, ekstrak C. cujete, ekstrak C. gigantean dan campuran kedua ekstrak serta parameter yang digunakan adalah populasi setiap spesies hama dan predator yang terperangkap di jaring serangga, pengamatan secara visual dan pit fall trap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan N3 (Campuran dari ekstrak C. cujete dan C. gigantean) memberikan pengaruh tingkat efektifitas yang lebih tinggi dibandingkan perlakuan lain terhadap keberadaan hama utama Bemisia tabaci, Liriomyza huidobresis, Plusia signata F., Pseudococcidae Spp. serta aplikasi ekstrak tanaman tidak berdampak negatif terhadap keberadaan predator.
Keywords : Hama utama Tanaman Tomat, Predator, Cresentia cujete & Callotropis gigante

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu Hama dan Peny. Tumbuhan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:10
Last Modified: 29 Jun 2022 01:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17241

Actions (login required)

View Item
View Item