Efektivitas Perompesan Daun terhadap Penyakit Karat Daun (Puccinia horiana) pada Lima Varietas Krisan = The Effectiveness of Leaf Perms against Leaf Rust (Puccinia horiana) on Five Chrysanthemum Varieties


Ramlan, Fauziah Achriani (2021) Efektivitas Perompesan Daun terhadap Penyakit Karat Daun (Puccinia horiana) pada Lima Varietas Krisan = The Effectiveness of Leaf Perms against Leaf Rust (Puccinia horiana) on Five Chrysanthemum Varieties. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G11116520_skripsi_cover1.jpg

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G11116520_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G11116520_skripsi_dp.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G11116520_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penyakit karat putih (white rust) disebabkan oleh Puccinia horiana P. Henn merupakan penyakit yang paling penting pada tanaman krisan, sebab keberadaannya mengakibatkan kerusakan pada daun secara nyata dan menurunkan kualitas bunga. Serangan patogen yang berat dapat menyebabkan daun menjadi menggulung, mengerut, dan mengering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui varietas yang resisten dan toleran terhadap serangan patogen karat daun (Puccinia horiana) serta efektivitas perompesan daun dalam menekan serangan patogen karat daun (Puccinia horiana) pada tanaman krisan. Penelitian berlangsung mulai bulan Januari sampai Mei 2020 di Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok pola faktorial yang terdiri dari dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama yaitu varietas yang terdiri dari lima varietas yaitu Socakawani, Nismara, Tadashita, Dahayu dan Arundaya. Faktor kedua yaitu cara pengendalian yang terdiri dari dua cara yaitu tanpa perompesan dan perompesan. Data yang dikumpulkan dan dianalisis secara statistik menggunakan uji sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji BNJ pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan varietas dan cara pengendalian berpengaruh nyata terhadap intensitas serangan patogen dan tinggi tanaman sedangkan pada diameter bunga, perlakuan varietas serta interaksinya berpengaruh nyata namun perlakuan pengendalian tidak berpengaruh nyata. Varietas Socakawani dan Dahayu rentan terhadap karat sedangkan varietas Nismara, Tadashita dan Arundaya toleran terhadap karat. Pengendalian dengan perompesan dapat menurunkan intensitas penyakit karat sebanyak 12% sampai 29%. Data ini menunjukkan bahwa perompesan daun lebih berpengaruh terhadap penurunan intensitas serangan dibanding penggunaan varietas.
Keywords : Karat Putih, Puccinia horiana, perompesan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu Hama dan Peny. Tumbuhan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Jun 2022 00:51
Last Modified: 29 Jun 2022 00:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17208

Actions (login required)

View Item
View Item