Faktor-Faktor Sosial Ekonomi yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Anak Petani untuk Bertani (Studi Kasus Desa Samaenre, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan) = Socio-Ekonomic Factors that Influence The Motivation of Farmer’s Children to Farm (Case Study in Samaenre Village, District of Mallawa, Maros Regency, Province of South Sulawesi)


Mardaniah, Mardaniah (2021) Faktor-Faktor Sosial Ekonomi yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Anak Petani untuk Bertani (Studi Kasus Desa Samaenre, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan) = Socio-Ekonomic Factors that Influence The Motivation of Farmer’s Children to Farm (Case Study in Samaenre Village, District of Mallawa, Maros Regency, Province of South Sulawesi). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116028_skripsi_cover1.jpg

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116028_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116028_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116028_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat motivasi anak petani untuk bertani dan bagaimana pengaruh faktor-faktor sosial ekonomi terhadap motivasi anak petani untuk bertani di Desa Samaenre, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros. Pemilihan daerah penelitian dilakukan secara purposive (sengaja) dimana daerah penelitian merupakan daerah pertanian yang sebagian besar penduduknya bekerja pada sektor pertanian dan sebagian besar anak petani terlibat didalamnya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 di Desa Samaenre, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros. Penarikan sampel orang tau dan anak petani di daerah penelitian dilakukan dengan metode Purposive Sampling . Metode ini menggunakan kriteria yang telah dipilih yaitu anak petani yang berumur 15-20 tahun, belum menikah, berjenis kelamin laki-laki, sekolah maupun tidak sekolah dan untuk sampel orang tuanya adalah yang bekerja sebagai petani dan memiliki anak sesuai kriteria yang di tentukan. Sehingga jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu 35 orang orang tua dan 35 anak petani. Metode analisis penelitian menggunakan skoring dan analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian diperoleh, 1) Tingkat motivasi anak petani untuk bertani di Desa Samaenre, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros sebesar 49,154 (tingkat motivasi sedang) artinya responden di daerah penelitian tidak sepenuhnya mengeluarkan daya dan usahanya untuk terlibat dalam semua kegiatan pertanian yang dilakukan oleh orangtuanya.
2) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi anak petani untuk bertani yaitu:
faktor yang berpengaruh positif adalah jumlah tanggungan keluarga (1,667), tingkat pendidikan (0, 466), persepsi petani (0,471) dan tingkat kosmopolitan (0,102), sedangkan faktor yang berpengaruh negatif yaitu pendapatan keluargan (-0,0000005543).
Keywords : Faktor Sosial Ekonomi, Motivasi Anak, Bertani

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:53
Last Modified: 28 Jun 2022 01:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17193

Actions (login required)

View Item
View Item