Intensitas Serangan Penggerek Buah Kopi Hypothenemus hampei Ferr. (Coleoptera:Scolytidae) Pada Pertanaman Kopi Arabika ( Coffea Arabica L.) Di Desa Benteng Alla Utara Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang = Attack intensity of Coffee Fruit Borer (Hypothenemus hampei Ferr.) on Arabica Coffee (Coffea arabica L.) In Benteng Alla Utara Village Baroko District Enrekang Regency


Hardi, Hardi (2021) Intensitas Serangan Penggerek Buah Kopi Hypothenemus hampei Ferr. (Coleoptera:Scolytidae) Pada Pertanaman Kopi Arabika ( Coffea Arabica L.) Di Desa Benteng Alla Utara Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang = Attack intensity of Coffee Fruit Borer (Hypothenemus hampei Ferr.) on Arabica Coffee (Coffea arabica L.) In Benteng Alla Utara Village Baroko District Enrekang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011171310_skripsi_cover1.jpg

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011171310_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (943kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011171310_skripsi_dp.pdf

Download (999kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011171310_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas serangan dari hama Hypothenemus hampei Ferr Arabika (Coffea Arabica L. ) di Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2020 di Desa Benteng Alla Utara, Kecamatan Baroko, Kabupaten Enrekang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuisioner terstruktur kepada 60 petani kopi yang ada di wilayah tersebut dan dilakukan 6 minggu pengamatan langsung dilapangan terkait intensitas serangan H. hampei. Pengambilan sampel tanaman dilakukan secara transek garis per 4 meter, jumlah pohon sampel yang diamati sebanyak 30 sampel pohon. Hasil penelitian intensitas serangan H. hampei selama pengamatan masih kategori rendah, dengan intensitas tertinggi sebesar 6,14 pada pengamatan pertama, terendah sebesar 0,54 pada akhir pengamatan. Faktor yang menyebabkan rendahnya intensitas serangan selama pengamatan adalah karena petani rutin melakukan pemangkasan dan kondisi pertanaman kopi yang telah melawati masa puncak panen pada saat pengamatan dimulai.
Keywords : Kopi, Transek garis, PBKo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu Hama dan Peny. Tumbuhan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2022 00:36
Last Modified: 28 Jun 2022 00:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17150

Actions (login required)

View Item
View Item