Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah dengan Pendekatan Column Generation (Studi Kasus: Jadwal Perkuliahan di Departemen Matematika Universitas Hasanuddin)


Mattengnga, Nurul Rasyidah Ripuji (2021) Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah dengan Pendekatan Column Generation (Studi Kasus: Jadwal Perkuliahan di Departemen Matematika Universitas Hasanuddin). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H11116512_skripsi_cover1.jpg

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H11116512_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H11116512_skripsi_dp.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H11116512_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penjadwalan perkuliahan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pengelolaan perguruan tinggi. Namun, untuk menyusun sebuah penjadwalan mata kuliah terdapat banyak kendala-kendala yang dapat menyulitkan proses pembuatan jadwal, diantaranya jumlah mahasiswa dan terbatasnya dosen, waktu dan ruangan yang ada. Dalam penelitian ini, masalah penjadwalan mata kuliah dimodelkan ke dalam masalah Integer Programming. Selanjutnya, model Integer Programming diselesaikan dengan metode pendekatan Column Generation karena banyaknya kolom/variabel yang tebentuk. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu mengimplementasikan dan mengetahui efektivitas pendekatan column generation, dengan menggunakan penjadwalan mata kuliah pada tiga program studi di Departemen Matematika sebagai contoh kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Meode Integer Programming bersama metode pendekatan Column Generation dapat menyelesaikan masalah penjadwalan mata kuliah dengan baik dengan inidikasi bahwa tidak ada jadwal yang saling bentrok, begitupula dengan jadwal dosen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, Integer Programming, Column Generation
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Matematika
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:01
Last Modified: 27 Jun 2022 07:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17115

Actions (login required)

View Item
View Item