Rasak, Yulisar Asfia (2022) Pengaruh Senam Aerobic Low Impact terhadap Tingkat Stres, Tingkat Depresi dan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Prodi Fisioterapi Universitas Hasanuddin = The Effect of Low Impact Aerobic Gymnastics on Stress Levels,Depression Levels and Anxiety Levels in Students of the Hasanuddin University Physioterapy Study Program. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
R021181322_skripsi_10-06-2022 cover1.png
Download (86kB) | Preview
R021181322_skripsi_10-06-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
R021181322_skripsi_10-06-2022 dp.pdf
Download (1MB)
R021181322_skripsi_10-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh senam aerobic low impact terhadap tingkat stres, tingkat depresi dan tingkat kecemasan pada mahasiswa prodi Fisioterapi Universitas Hasanuddin. Penelitian ini merupakan penelitian experimental design dengan jenis rancangan quasi experimental yaitu nonequivalent control group. Pengukuran tingkat stres, depresi dan kecemasan dari dua kelompok menggunakan kuesioner DASS-42. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi Fisioterapi yang mengalami stres, depresi dan kecemasan yang memenuhi kriteria inklusi, eksklusi serta kriteria drop out. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan tingkat stres, depresi dan kecemasan responden pada kelompok eksperimen setelah pemberian aerobic low impact (p=0,000). Sedangkan hasil uji independent sample T-test mengalami perbedaan yang bermakna pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p=0,000). Sehingga penelitian ini sangat efisien untuk penurunan tingkat stres, depresi dan kecemasan pada mahasiswa program studi Fisioterapi Universitas Hasanuddin.
Keywords : Stres, Depresi, Kecemasan, Aerobic Low Impact
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Keperawatan > Profesi Fisioterapi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 00:47 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 00:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17057 |