ANALISA PETROFISIKA DAN PETROGRAFI DALAM MENGIDENTIFIKASI PENYEBAB LOW RESISTIVITY PADA ZONA RESERVOIR FORMASI GUMAI LAPANGAN “B” SUB-CEKUNGAN JAMBI SUMATERA SELATAN


Rahayu, Debby (2021) ANALISA PETROFISIKA DAN PETROGRAFI DALAM MENGIDENTIFIKASI PENYEBAB LOW RESISTIVITY PADA ZONA RESERVOIR FORMASI GUMAI LAPANGAN “B” SUB-CEKUNGAN JAMBI SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
H22116019_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
H22116019_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H22116019_skripsi_cover1.jpg

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
H22116019_skripsi_dp.pdf

Download (915kB)

Abstract (Abstrak)

Formasi Gumai pada Lapangan “B” merupakan reservoir pasir serpihan dimana klastik laut diendapkan. Pada formasi ini sedang dikembangkan reservoir dengan resistivitas rendah sebagai target workover yang baru. Zona low resistivity menjadi masalah yang cukup menantang dalam industri minyak dan gas bumi. Penelitian ini membahas tentang identifikasi penyebab kasus low resistivity dan melakukan analisa petrofisika untuk mendapatkan sifat petrofisika yang akurat. Data yang digunakan terdiri dari petrografi, X-Ray Diffraction, Scanning Electron Microscope, dan data log. Dari hasil analisa petrografi, diketahui bahwa penyebab low resistivity pada reservoir batupasir ialah kehadiran mineral lempung seperti ilit, kaolinit, dan klorit. Analisa petrofisika menentukan parameter properti dengan membandingkan beberapa persamaan yang divalidasi dengan data routine core. Berdasarkan analisa kuantitatif, direkomendasikan menggunakan metode Stieber untuk menghitung kandungan lempung pada reservoir, metode porositas neutron densitas untuk menghitung porositas, dan metode Waxman Smits untuk menentukan saturasi air. Dengan menerapkan semua metode yang diperoleh pada sumur yang memiliki lingkungan pengendapan yang sama, maka interval zona reservoir yang diperoleh menjadi meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: zona low resistivity, analisa petrografi, parameter petrofisika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:09
Last Modified: 21 Jun 2022 04:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16989

Actions (login required)

View Item
View Item