POLA PERMINTAAN BERAS PADA PASAR MODERN DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS LOTTE MART, MAL PANAKUKKANG, MAKASSAR) = THE DEMAND OF RICE PATTERN ON MODERN MARKET IN MAKASSAR CITY (CASE STUDY OF LOTTE MART, PANAKUKKANG MAL, MAKASSAR).


Jibran, Salwa (2021) POLA PERMINTAAN BERAS PADA PASAR MODERN DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS LOTTE MART, MAL PANAKUKKANG, MAKASSAR) = THE DEMAND OF RICE PATTERN ON MODERN MARKET IN MAKASSAR CITY (CASE STUDY OF LOTTE MART, PANAKUKKANG MAL, MAKASSAR). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116529_skripsi_cover1.jpg

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116529_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116529_skripsi_dp.pdf

Download (793kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116529_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Beras adalah salah satu komoditi pangan pokok yang dikonsumsi oleh sebagian besar penduduk di Indonesia. Perbedaan pendapatan masing-masing masyarakat Kota Makassar merupakan salah satu indikator dimana menyebabkan perbedaan perilaku konsumen dalam membeli beras. Beras dijual kepada konsumen bisa diperoleh salah satunya di pasar modern Lotte Mart, Mal Panakukkang. Semakin banyaknya atribut preferensi konsumen akan produk beras mulai dari jenis, kenyamanan, stabilitas harga dan nilai komoditi, konsumen menuntut atribut yang lebih rinci seperti higienitas, vitamin, pengemasan, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola permintaan beras dan hubungan pendapatan dengan jumlah permintaan beras pada Pasar Modern Lotte Mart, Mal Panakukkang. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif yaitu didasarkan atas perhitungan persentase, rata-rata dan perhitungan lainnya dengan
mendiskripsikan peristiwa yang ada dilokasi penelitian. penelitian ini mengambilsampel sebanyak 40 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola permintaan beras pada Pasar Modern dipengaruhi oleh karakteristik konsumen dan karakteristik beras. Hubungan antara pendapatan dengan jumlah permintaan beras tidak berpengaruh karena konsumsi dan jumlah permintaan beras akan cenderung tetap meskipun pendapatan meningkat. Semakin tinggi pendapatan cenderung jumlah permintaan beras relatif tetap dan akan bergeser pada kualitas beras yang tercermin dari harga beras.
Keywords : Beras, Permintaan, Pasar Modern, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:52
Last Modified: 20 Jun 2022 07:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16971

Actions (login required)

View Item
View Item