ANALISIS PENGARUH RANTAI NILAI PABRIK BERAS DALAM MENINGKATKAN PERDAGANGAN BERAS ANTAR PULAU DI KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN SIDRAP = ANALYSIS OF THE EFFECT OF RICE FACTORY VALUE CHAIN IN INCREASING INTERISLAND RICE TRADE IN TELLU LIMPOE DISTRICT, SIDRAP REGENCY


Mansyur, Annisa Aulia (2021) ANALISIS PENGARUH RANTAI NILAI PABRIK BERAS DALAM MENINGKATKAN PERDAGANGAN BERAS ANTAR PULAU DI KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN SIDRAP = ANALYSIS OF THE EFFECT OF RICE FACTORY VALUE CHAIN IN INCREASING INTERISLAND RICE TRADE IN TELLU LIMPOE DISTRICT, SIDRAP REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116320_skripsi_cover1.jpg

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116320_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116320_skripsi_dp.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116320_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Annisa Aulia Mansyur .Analisis Pengaruh Rantai Nilai Pabrik Beras Dalam Meningkatkan Perdagangan Beras Antar Pulau di Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap. Dibimbing oleh Dr. Letty Fudjaja, S.P., M.Si. dan Dr. Ir. Saadah, M.Si.

Dalam menghadapi tingkat persaingan yang semakin sengit, Industri Pabrik Beras dituntut untuk mampu bersaing. Daya saing yang tinggi diperlukan bagi setiap industri Pabrik Beras agar menghasilkan beras yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Produktivitas industri Pabrik Bers dalam bersaing untuk meraih kinerja perdagangan antar pulau yang optimal salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas rantai nilai (value chain) yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan aktivitas dalam rantai nilai (value chain) yang berpengaruh atau mendukung peningkatan perdagagan beras antar pulau dikecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap.. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan kuesioner dengan jenis data yang diteliti yakni data primer. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan survei yaitu penyebaran kuesioner. Menggunakan uji korelasi rank sperman untuk melihat variabel yang memiliki korelasi dan berpengaruh signifikan dalam mendukung perdagangan beras antar pulau. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 variabel yang berkorelasi dan berpengaruh signifikan dalam mendukung kegiatan perdagangan beras antar pulau yaitu inbound logistics, marketing and sales, service, firm infrastructure, human resource management dan technology development. Terdapat 2 variabel yang tidak berpengaruh signifikan dalam mendukung kegiatan perdagangan beras antar pulau yakni variabel outbound logistics dan procurement.
Kata Kunci: Perdagangan Beras Antar Pulau, Rantai Nilai, Industri Pabrik Beras

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:29
Last Modified: 20 Jun 2022 07:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16958

Actions (login required)

View Item
View Item