HUBUNGAN SKOR qSOFA, SKOR SOFA DAN KADAR LAKTAT DARAH DENGAN MORTALITAS PASIEN SEPSIS DI RSUP WAHIDIN SUDIROHUSODO


Iskandar, Muh. Ilham (2021) HUBUNGAN SKOR qSOFA, SKOR SOFA DAN KADAR LAKTAT DARAH DENGAN MORTALITAS PASIEN SEPSIS DI RSUP WAHIDIN SUDIROHUSODO. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C101216111_tesis_cover1.jpg

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C101216111_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C101216111_tesis_dp.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C101216111_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Ilham Iskandar : Hubungan Skor qSOFA, Skor SOFA dan Kadar Laktat Darah dengan Mortalitas Pasien Sepsis di RSUP. Wahidin Sudirohusodo (dibimbing oleh Satriawan Abadi dan Sudirman Katu)

Latar belakang: Saat ini sepsis menjadi masalah kesehatan global yang penting. Insiden dan angka kematian sepsis ditemukan bervariasi secara substansial di seluruh wilayah. Sepsis merupakan sindrom klinik yang diakibatkan oleh reaksi yang berlebihan dari respon imun tubuh yang distimulasi mikroba baik dari dalam maupun luar tubuh. Saat ini ada beberapa skrining untuk pasien yang kemungkinan mengalami sepsis. Beberapa skrining tersebut meliputi skor qSOFA, skor SOFA dan kadar laktat darah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan skor qSOFA, skor SOFA dan kadar laktat darah terhadap mortalitas pasien di RSUP. Wahidin Sudirohusodo.

Metode: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan potong lintang di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo sejak bulan April 2021 - Agustus 2021. Subjek penelitian adalah pasien sepsis yang memenuhi kriteria inklusi dengan perhitungan skor qSOFA, skor SOFA dan laktat darah pada awal terdiagnosis sepsis. Uji statistik menggunakan SPSS veri 25 dengan uji Kolmogrov Smirnov untuk normalitas data, uji Chi Square test, multiple logistic regression test dan perhitungan nilai Odds Ratio, dimana hasil uji statistik signifikan bila nilai p<0.05.

Hasil: Penelitian ini mencakup 78 subjek pasien yang terdiagnosis sepsis dengan distribusi pria 44 dan wanita 34 orang. Hasil analisa menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara skor qSOFA dengan mortalitas pasien sepsis (p<0.05) dengan nilai OR 6.7 untuk skor qSOFA tinggi, terdapat pula hubungan yang bermakna antara skor SOFA tinggi dengan mortalitas pasien sepsis (p<0.05) dengan nilai OR 5.5 untuk skor SOFA tinggi dan tidak ditemukan adanya hubungan yang bermakna antara kadar laktat darah dengan mortalitas pasien sepsis (p>0.05) di RSUP. Wahidin Sudirohusodo. Selain itu, uji regresi logistik menunjukkan bahwa skor qSOFA memiliki hubungan yang paling bermakna dengan mortalitas pasien sepsis di RSUP. Wahidin Sudirohusodo.

Kesimpulan : Nilai skor qSOFA tinggi dan skor SOFA tinggi pada pasien sepsis di RSUP. Wahidin Sudirohusodo mempunyai hubungan yang signifikan dan resiko yang lebih tinggi terhadap mortalitas di RSUP Wahidin Sudirohusodo.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sepsis; skor qSOFA; skor SOFA; Laktat darah
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 20 Jun 2022 00:54
Last Modified: 20 Jun 2022 00:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16848

Actions (login required)

View Item
View Item