KARAKTERISASI SENSOR ION MERKURI DALAM AIR BERBASIS SERAT OPTIK PLASTIK = CHARACTERIZATION OF MERCURY IONS SENSORS IN WATER BASED ON PLASTIC OPTICAL FIBER


Hardiantho, Willy (2021) KARAKTERISASI SENSOR ION MERKURI DALAM AIR BERBASIS SERAT OPTIK PLASTIK = CHARACTERIZATION OF MERCURY IONS SENSORS IN WATER BASED ON PLASTIC OPTICAL FIBER. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H21115315_skripsi_cover1.jpg

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H21115315_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H21115315_skripsi_dp.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H21115315_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Telah dilakukan penelitian mengenai sensor ion merkuri dalam air berbasis serat optik plastik. Deteksi ion merkuri dilakukan dengan cara mencelupkan sensor serat optik ke dalam larutan HgCl2, dimana di kedua ujung sensor disambungkan dengan LED dan fototransistor. LED sebagai sumber cahaya akan memancarkan cahaya sepanjang serat optik yang nantinya akan diterima oleh fototransistor. Cahaya optik yang diterima fototransistor diubah menjadi tegangan listrik dan diberikan penguatan pada penguat selisih. Tegangan keluaran dalam bentuk sinyal analog dikonversi menjadi sinyal digital pada Arduino UNO sehingga dapat dibaca pada komputer. Serat optik sebagai sensor dibuat dengan dua konfigurasi yaitu konfigurasi U dan konfigurasi spiral spring. Jaket dan selubung serat optik dikupas kemudian akan dilapisi kitosan. Setiap konfigurasi akan diberikan variasi lekukan untuk menganalisis karakteristik dari sensor. Dengan adanya lekukan dapat menyebabkan rugi daya yang besar sehingga terjadi pelemahan intensitas cahaya dari LED yang diterima oleh fototransistor. Selain pengaruh dari lekukan pada serat optik, hasil pengukuran tegangan keluaran juga dipengaruhi oleh tingkat konsentrasi HgCl2. Hasil pengukuran terbaik sensor ion merkuri dalam air berbasis serat optik plastik diperoleh pada konfigurasi spiral spring dengan selubung kitosan dengan variasi 6 lilitan. Sensor ion merkuri dalam air berbasis serat optik ini memiliki keunggulan yaitu fabrikasi mudah, biaya murah, resolusi kecil serta memiliki range dan sensitivitas besar.
Keywords : merkuri, mikrokontroler, sensor, serat optik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Fisika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:19
Last Modified: 17 Jun 2022 08:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16826

Actions (login required)

View Item
View Item