Analisis Human Error Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kapal Di Laut Dengan Menggunakan Metode SPAR-H


Pradana, Muhammad Andhy Dio (2020) Analisis Human Error Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kapal Di Laut Dengan Menggunakan Metode SPAR-H. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D33114001_skripsi cover.png

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D33114001_skripsi 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D33114001_skripsi dapus.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D33114001_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Berdasarkan laporan International Labour Organization (ILO) menyatakan bahwa salah satu negara dengan angka kecelakan kerja yang tinggi adalah Indonesia ( ILO 2010 ). Salah satu jenis perusahaan yang dinilai rentan oleh ILO adalah kecelakaan kerja pada perusahaan bidang perkapalan dan industri lainnya yang terkait. PT Trans Yeong Marine merupakan sebuah perusahaan kapal Tug Boat supply vessel yang menyediakan jasa pengantaran untuk menyuplai berbagai kebutuhan vital di atas industri bangunan lepas pantai (offshore). Dalam setiap aktivitas di atas kapal tug boat ini juga tidak terlepas dari berbagai kesalahan dan potensi resiko akibat kecelakaan tersebut. Untuk itu maka penelitian bertujuan untuk menghitung probabilitas kecelakaan karena Human error, serta menentukan faktor utama penyebab human error pada pekerjaan dikamar mesin. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode HEART (Human error assessment and Reduction Tecnique ) dan metode SPAR-H (Standardized Plant Analysis Risk Human Reliability Assessment ). Teknik pengumpulan data penelitian dengan menyebarkan kuisioner dan wawancara langsung dengan chief engineer HT Kosak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa probabilitas human error tertinggi dilihat dari nilai HEP (Human Error Probability) pada metode HEART adalah kondisi operator (HEP = 0.299), sedangkan nilai HEP pada metode SPAR-H diperleh nilai tertinggi pada SOP pelayaran (HEP=0.976) dan SOP kondisi operator (HEP=0.976).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:48
Last Modified: 23 Dec 2020 02:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item
View Item