Estimasi Parameter Fungsi Intensitas Bersyarat Model Point Process dan Aplikasinya Pada Data Gempa Bumi = Estimation of Parameters Function of Conditional Intensity Model Point Process and Its Application to Earthquake Data


Sultan, Sultan (2021) Estimasi Parameter Fungsi Intensitas Bersyarat Model Point Process dan Aplikasinya Pada Data Gempa Bumi = Estimation of Parameters Function of Conditional Intensity Model Point Process and Its Application to Earthquake Data. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H12116315_skripsi_cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H12116315_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H12116315_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H12116315_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kemunculan gempa bumi adalah fenomena alam yang bersifat acak baik dalam ruang maupun waktu. Point process merupakan salah satu model yang cukup baik digunakan untuk menggambarkan sistem stokastik yang terjadi dalam pola tertentu, dengan penggambaran peristiwa tersebut berupa titik-titik kejadian yang terjadi dalam suatu selang waktu atau ruang tertentu. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh persamaan likelihood dan memperoleh prakiraan gempa bumi dengan menggunakan model parametrik. Dalam hal ini, intensitas bersyarat dipandang sebagai suatu proses renewal dimana intensitas bersyarat bergantung hanya pada selisih waktu sejak waktu kemunculan kejadian terakhir, dan untuk memperoleh persamaan likelihood dilakukan konstruksi melalui pendekatan Bernoulli. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa model parametrik yang paling sesuai adalah model persamaan kubik. Karena model ini memiliki MSE terkecil dan nilai R-Square yang paling besar diantara model yang lain, yaitu sebesar 97.6%.
Keywords : Point Process, Fungsi Intensitas Bersyarat, Percobaan Bernoulli, Proses Renewal, Gempa Bumi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Statistika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:03
Last Modified: 17 Jun 2022 08:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16808

Actions (login required)

View Item
View Item