Bau, Wawa Amalia (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN COLLABORATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETEPATAN PENDOKUMENTASIAN PARTOGRAF PADA MAHASISWA D-III KEBIDANAN = THE EFFECT OF APPLICATION LEARNING METHODS STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION AND COLLABORATIVE LEARNING IN INCREASING THE ACCURACY OF PARTOGRAPH DOCUMENTATION IN DIPLOMA III PROGRAM OF MIDWIFERY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
P102201011_tesis_07-06-2022 cover1.png
Download (180kB) | Preview
P102201011_tesis_07-06-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
P102201011_tesis_07-06-2022 dp.pdf
Download (4MB)
P102201011_tesis_07-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
WAWA AMALIA BAU. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division dan Collaborative Learning dalam Meningkatkan Ketepatan Pendokumentasian Partograf pada Mahasiswa D- III Kebidanan (dibimbing oleh Mardiana Ahmad dan Amir Mahmud Hafsa).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran student teams achievement division dan collaborative learning dalam meningkatkan ketepatan pendokumentasian partograf pada mahasiswa D-III kebidanan.
Jenis penelitian ini adalah intervensi dengan menggunakan metode quasi experimental dengan rancangan two group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling dengan jumlah 60 responden yang terbagi atas 30 orang untuk kelompok student teams achievement division dan 30 orang untuk kelompok collaborative learning, yang dilaksanakan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo pada bulan Desember 2021- Februari 2022.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran student teams achievement division dan collaborative learning dalam meningkatkan ketepatan pendokumentasian partograf dengan uji wilcoxon diperoleh nilai p value 0.000 < 0.05. Analisis berdasarkan uji mann-whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil rata-rata pada metode pembelajaran student teams achievement division yaitu 31.83 dan metode pembelajaran collaborative learning yaitu 29.17, sehingga dapat dinyatakan bahwa kelompok yang menggunakan metode student teams achievement division memiliki peningkatan nilai yang lebih baik dibandingkan kelompok yang menggunakan metode pembelajaran collaborative learning.
Keywords : student teams achievement division, collaborative learning, partograph
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 08:02 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 08:02 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16805 |