Pertumbuhan Protokorm Anggrek Vanda tricolor Lindl. var. suavis Melalui Penambahan Pupuk Organik Cair (POC) Secara In Vitro


Rezky, Nurindah (2021) Pertumbuhan Protokorm Anggrek Vanda tricolor Lindl. var. suavis Melalui Penambahan Pupuk Organik Cair (POC) Secara In Vitro. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
H041171009_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H041171009_skripsi cover1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
H041171009_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (876kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
H041171009_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Keberhasilan kultur jaringan sangat dipengaruhi oleh media yang digunakan yang terdiri dari beberapa komponen hara makro dan mikro, vitamin serta zat pengatur tumbuh. Pemberian pupuk organik cair (POC) dapat menggantikan kebutuhan tersebut serta mempengaruhi pertumbuhan protokorm anggrek Vanda tricolor Lindl. var. suavis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsentrasi optimum pupuk organik cair (POC) terhadap pertumbuhan protokorm anggrek Vanda tricolor Lindl. var. suavis secara in vitro. Penelitian ini menggunakan protokorm anggrek Vanda tricolor Lindl. var. suavis berumur 3 bulan yang kemudian ditanam pada media perlakuan. Media perlakuan menggunakan tiga jenis pupuk organik cair yaitu NASA, Bio88 dan Fortune dengan konsentrasi masing-masing (1 ml/L; 1.5 ml/L; 2 ml/L; 2.5 ml/L dan 3 ml/L). Parameter yang diamati pada penelitian ini yaitu fase pertumbuhan protokorm anggrek, jumlah tunas dan jumlah daun pada setiap perlakuan. Analisis data dengan uji Kruskal-Wallis pada taraf 5% dan jika terdapat pengaruh maka dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk organik cair memberikan respon yang berbeda-beda pada protokorm anggrek Vanda tricolor Lindl. var. suavis. Pupuk organik cair memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah tunas dengan nilai 0.002 dan jumlah daun dengan nilai 0.003. Akan tetapi, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara konsentrasi terhadap jumlah tunas dan jumlah daun dengan nilai signifikan 0.819 dan 0.845.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kultur jaringan tumbuhan, Vanda tricolor Lindl. var. suavis, pupuk organik cair (POC)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Biologi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:37
Last Modified: 16 Jun 2022 07:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16788

Actions (login required)

View Item
View Item