Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada mata Kuliah Asuhan Kebidanan antenatal Terhadap Keterampilan Klinik Mahasiswa DIII Kebidanan = The Effect of the Application of Problem-Based Learning in Antenatal Midwifery Care Courses on Clinical Skills of Diploma III Midwifery Students


Prianti, Ani T (2022) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada mata Kuliah Asuhan Kebidanan antenatal Terhadap Keterampilan Klinik Mahasiswa DIII Kebidanan = The Effect of the Application of Problem-Based Learning in Antenatal Midwifery Care Courses on Clinical Skills of Diploma III Midwifery Students. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102201009_tesis_02-06-2022 cover1.png

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102201009_tesis_02-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102201009_tesis_02-06-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102201009_tesis_02-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ANI T PRIANTI. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada mata Kuliah Asuhan Kebidanan antenatal Terhadap Keterampilan Klinik Mahasiswa DIII Kebidanan (dibimbing oleh Nurhaedar Jafar dan Mardiana Ahmad)
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana hasil dari pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah asuhan kebidanan antenatal terhadap Keterampilan klinik.
Responden penelitian ini berjumlah 60 responden. Merupakan penelitian intervensi dengan desain quasi eksperimental. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Two Group Pretest-Posttest design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2021 - Januari 2022 di Universitas Megarezky Makassar dan STIKES Nani Hasanuddin Makassar. Sampel dalam penelitian menggunakan Quota sampling dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok intervensi (Metode pembelajaran PBL dan kelompok kontrol (metode pembelajaran sesuai RPS institusi). Data yang dikumpulkan meliputi umur, minat, motivasi dan nilai keterampilan klinik. Kemudian data dianalisa menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat pengaruh dari penerapan metode PBL sedangkan untuk melihat perbedaan keterampilan menggunakan uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan keterampilan klinik setelah diterapkan metode pembelajaran PBL,dimana pada saat pretest tidak ada responden yang mencapai nilai 100, kemudian setelah dilakukan posttest didapatkan 8 responden yang mencapai nilai 100. Dengan rerata peningkatan nilai pada metode PBL sebesar 91,87. sehingga dapat dinyatakan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learing berpengaruh terhadap keterampilan klinik Asuhan Kebidanan antenatal manuver leopold dengan nilai signifikansi P=0.000<0.05.
Keywords : Problem Based Learning, Manuver Leopold, Keterampilan, Asuhan Kebidanan Antenatal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:17
Last Modified: 16 Jun 2022 01:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16768

Actions (login required)

View Item
View Item