PENGARUH PENERAPAN METODE PEER ASISTED LEARNING DAN SIMULASI TERHADAP KETERAMPILAN PEMERIKSAAN FISIK BAYI BARU LAHIR MAHASISWA DIII KEBIDANAN = EFFECT OF APPLICATION OF PEER ASSISTED LEARNING (PAL) AND SIMULATION METHODS ON NEWBORN PHYSICAL EXAMINATION SKILL OF STUDENTS IN DIPLOMA III PROGRAM OF MIDWIFERY


Manay, Rahma H. (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE PEER ASISTED LEARNING DAN SIMULASI TERHADAP KETERAMPILAN PEMERIKSAAN FISIK BAYI BARU LAHIR MAHASISWA DIII KEBIDANAN = EFFECT OF APPLICATION OF PEER ASSISTED LEARNING (PAL) AND SIMULATION METHODS ON NEWBORN PHYSICAL EXAMINATION SKILL OF STUDENTS IN DIPLOMA III PROGRAM OF MIDWIFERY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102201004_tesis_02-06-2022 cover1.png

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102201004_tesis_02-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102201004_tesis_02-06-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102201004_tesis_02-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

RAHMA H. MANAY. Pengaruh Penerapan Metode Peer Asisted Learning Dan Simulasi Terhadap Keterampilan Pemeriksaan Fisik Bayi Baru Lahir Pada Mahasiswa DIII Kebidanan (dibimbibing oleh Mardiana Ahmad dan Nurhaedar Jafar).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode peer asisted learning dan simulasi terhadap keterampilan pemeriksaan fisik bayi baru lahir.
Jenis penelitian Eksperimen dengan design Quasi Experiment menggunakan rancangan Two Group Pretest-Posttest yaitu dilakukan penilaian awal lalu diberi intervensi setelah itu dilakukan penilaian akhir. Teknik Pengambilan sampel adalah Quota sampling dengan jumlah sampel 60 mahasiswa DIII Kebidanan semester 3 yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 30 sampel kelompok metode PAL dan 30 sampel kelompok metode simulasi yang dilaksanakan di Poltekkes Kemenkes Gorontalo selama bulan Desember 2021-Februari 2022. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann whitney.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode Peer asisted learning dan Simulasi terhadap hasil belajar keterampilan pemeriksaan fisik bayi baru lahir. Hal ini dapat dilihat dengan membandingkan nilai pretest-posttest menggunakan uji Wilcoxon, P=0.000. Selain itu, tidak terdapat perbedaan hasil keterampilan belajar pemeriksaan fisik bayi baru lahir antara kelompok PAL dan kelompok Simulasi dengan uji Mann-Whitney, P=0.553. Namun, terdapat perbedaan hasil rerata metode PAL (29,63) dan Simulasi (31.37). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode Simulasi memiliki kemungkinan peningkatan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan metode Peer asisted learning, sebagian besar terjadi peningkatan nilai dari kategori tidak terampil menjadi cukup terampil dengan perolehan nilai 75-99
Keywords : PAL dan Simulasi, Keterampilan, Asuhan Kebidanan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:17
Last Modified: 16 Jun 2022 01:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16767

Actions (login required)

View Item
View Item