ANALISIS KAPASITAS FENDER TIPE V PADA DERMAGA CURAH PELABUHAN GARONGKONG KABUPATEN BARRU


Fitriyanti, Fitriyanti (2020) ANALISIS KAPASITAS FENDER TIPE V PADA DERMAGA CURAH PELABUHAN GARONGKONG KABUPATEN BARRU. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D32116512_skripsi cover.png

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of D32116512_skripsi   1-2.pdf] Text
D32116512_skripsi 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D32116512_skripsi dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D32116512_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Sesuai dengan fungsi dan perannya, pelabuhan merupakan institusi yang dinamik keberadaannya terhadap perkembangan yang ada. Pada tahun 2019 Kantor UPP Kelas II Garongkong telah melakukan rehabilitasi dengan mengganti 23 buah fender type super cone dan 1 buah fender tipe V di dermaga pelabuhan Garongkong karena mengalami kerusakan yang dapat mengganggu aktivitas bongkar muat di Kantor UPP Kelas II Garongkong. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan analisis kapasitas fender tipe V 500H x 2000L untuk mengetahui besar energi benturan kapal yang mampu diserap oleh fender dan yang diteruskan ke struktur dermaga.
Pengambilan data dilakukan di Pelabuhan Garongkong, adapun sumber data yang digunakan adalah data primer diambil dengan cara mewawancarai, mengamati, dan mengukur langsung arus pada dermaga pelabuhan Garongkong. Data sekunder di peroleh dengan mengutip dokumen pada instansi yang bersangkutan seperti data ukuran kapal, spesifikasi fender, dan layout pelabuhan Garongkong.
Hasil analisis diketahui bahwa energy terabsorsir fender lebih besar dari energi tambat kapal dan gaya bentur yang diserap fender lebih kecil dari gaya reaksi fender, diperoleh nilai terabsorsir sebesar 5,57 tm dan nilai energi tambat kapal 4,54 tm (5,57 > 4,20). Diperoleh nilai gaya bentur yang bentur yang diserap fender sebesar 12,79 ton dan gaya reaksi fender 26,31 ton (12,79 ton < 26,31). Energi yang diteruskan fender ke struktur dermaga adalah 3,36 tm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:47
Last Modified: 23 Dec 2020 02:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item
View Item