Analisis Kestabilan dan Kontrol Optimal Model Matematika Perilaku Merokok dengan Perokok Berhenti Sementara dan Perokok Berhenti Permanen = Stability Analysis and Optimal Control of a Mathematical Model of Smoking with Temporary Quitters and Permanent Quitters


Samsir, Andi Utari (2021) Analisis Kestabilan dan Kontrol Optimal Model Matematika Perilaku Merokok dengan Perokok Berhenti Sementara dan Perokok Berhenti Permanen = Stability Analysis and Optimal Control of a Mathematical Model of Smoking with Temporary Quitters and Permanent Quitters. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H022191009_tesis_cover1.jpg

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H022191009_tesis_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H022191009_tesis_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H022191009_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Merokok merupakan kegiatan yang sering ditemui di berbagai lapisan masyarakat. Kegiatan ini seakan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, dideskripsikan model kontrol perilaku merokok untuk mempelajari kestabilan dan bentuk strategi kontrol yang efektif dalam mengurangi jumlah perokok. Model yang dibangun yaitu dalam bentuk persamaan diferensial dengan penerapan kontrol berupa kampanye edukasi dan pemberian obat anti nikotin. Hasil analisa menunjukkan bahwa titik kesetimbangan bebas perokok dan adanya perokok adalah stabil asimtotik yang diperoleh dari kriteria kestabilan Routh-Hurwitz. Sistem diselesaikan dengan menggunakan prinsip minimum Pontryagin dan secara numerik diselesaikan dengan metode forward-backward Sweep. Simulasi numerik dari masalah optimal menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan kampanye edukasi dan pemberian obat anti nikotin maka perilaku merokok lebih cepat berkurang dan meningkatkan populasi perokok yang berhenti secara permanen.
Keywords : Model Matematika Perilaku Merokok, Kontrol Optimal, Titik Kesetimbangan, Kestabilan, Prinsip Minimum Pontryagin, Metode Forward-Backward Sweep.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Matematika Terapan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:55
Last Modified: 15 Jun 2022 01:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16747

Actions (login required)

View Item
View Item