Penyelesaian Persamaan Diferensial Menggunakan Metode Runge-Kutta Orde Keenam dengan Algoritma Paralel = Solving Differential Equation Using The Sixth Order Runge-Kutta Method With Parallel Algorithm


Fajri, Iman Al (2021) Penyelesaian Persamaan Diferensial Menggunakan Metode Runge-Kutta Orde Keenam dengan Algoritma Paralel = Solving Differential Equation Using The Sixth Order Runge-Kutta Method With Parallel Algorithm. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H022171002_tesis_cover1.jpg

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H022171002_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H022171002_tesis_datar pustaka.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H022171002_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian tentang paralelisasi terus mengalami perkembangan saat ini, termasuk dalam perhitungan numerik. Pada tulisan ini akan dibahas penyelesaian persamaan diferensial menggunakan metode Runge-Kutta orde keenam dengan algoritma paralel. Makalah ini menyajikan penurunan dari metode Runge-Kutta orde keenam yang cocok untuk implementasi secara paralel. Pengembangan model paralel didasarkan pada struktur ketersebaran Runge-Kutta Tipe kedua yang dibagi ke dalam dua prosesor sehingga diperoleh versi semi implisit yang diselesaikan melalui enam tahapan. Implementasi simulasi paralelisasi menggunakan modul Ray pada bahasa pemrograman Python dengan memberi delay 0.01 detik untuk setiap tahapan yang diselesaikan. Hasil perhitungan dengan model paralel kemudian akan dibandingkan dengan model sekuensial dari sisi akurasi dan waktu eksekusi. Pehitungan numerik menunjukkan bahwa metode paralel lebih mendekati solusi analitik, artinya akurasinya lebih baik. Ditinjau dari sisi waktu eksekusi, metode paralel juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan metode sekuensial, yaitu lebih cepat.
Keywords : Metode Runge-Kutta Orde Keenam, Algoritma Paralel, Algoritma Sekuensial

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Matematika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:38
Last Modified: 15 Jun 2022 01:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16734

Actions (login required)

View Item
View Item