HUBUNGAN POLA PERGERAKAN DAN KELIMPAHAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DENGAN DISTRIBUSI THERMAL FRONT, DI PERAIRAN KABUPATEN BARRU, SELAWESI SELATAN DAN SEKITARNYA = The Relationship between Movement Patterns and Abundance of LittleTuna (Euthynnus affinis) with Thermal front Distribution, In Barru Regency and Surrounding Waters


Khoir, Miftahul (2022) HUBUNGAN POLA PERGERAKAN DAN KELIMPAHAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DENGAN DISTRIBUSI THERMAL FRONT, DI PERAIRAN KABUPATEN BARRU, SELAWESI SELATAN DAN SEKITARNYA = The Relationship between Movement Patterns and Abundance of LittleTuna (Euthynnus affinis) with Thermal front Distribution, In Barru Regency and Surrounding Waters. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L23116502_skripsi_27-04-2022 cover1.png

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L23116502_skripsi_27-04-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L23116502_skripsi_27-04-2022 dp.pdf

Download (940kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L23116502_skripsi_27-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk Mempelajari keberadaan thermal front sebagai indikator daerah penangkapan ikan yang potensial dan Mempelajari hubungan thermal front terhadap distribusi ikan tongkol (Euthynnus affinis) di perairan Barru dan Sekitarnya. Metode yang digunakan adalah Single Image Edge Detection (SIED) dengan menggunakan data Suhu Permukaan Laut (SPL) yang diakses dari satelit MODIS dengan sensor Aqua (MODIS-Aqua). selain itu juga penelitian ini menggukanakan survei dengan melakukan pengukuran, pengambilan,dan pengamatan terhadap sampel secara lansung di lapangan. Hasil Penelitian ini menujukan Thermal front Bisa menjadi sebagai indikator daerah penangkapan ikan, karena dari hasil pemetaan daerah penangkan ikan terdapat titik penangkapan yang tepat pada daerah thermal front dan 5 titik penangkapan dianggap sebagai daerah potensial penangkapan dan masih ada juga titik yang Potensial berada tidak jauh dengan front dari total 61 titik Penangkapan. Melihat Fenomena front yang terjadi di perairan barru dan sekitarnya bahwasanya hasil tangkapan ikan tongkol maupun distribusi ikan tongkol, tidak selamanya hasil tangkapan terbanyak berada pada daerah yang mengalami fenomena front. di indikasikan karena nelayan yang menangkap di perairan barru tidak terlalu jauh keluar sehingga daerah yang menjadi fishing grond jarang terlihat thermal front dan bisa di liat fenomena front yang terhjadi di sekitar perairan barru sangat lemah (weak Front).
Keywords : Euthynnus affinis, perairan kabupaten barru, purse seine, thermal front.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:18
Last Modified: 15 Jun 2022 01:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16719

Actions (login required)

View Item
View Item