Analisis Kapasitas Fender Type Super Cone Pada Dermaga Pelabuhan Garongkong Kab. Barru


Islamiah, Islamiah (2020) Analisis Kapasitas Fender Type Super Cone Pada Dermaga Pelabuhan Garongkong Kab. Barru. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D32116009_skripsi cover.png

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D32116009_skripsi 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D32116009_skripsi dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D32116009_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Islamiah, Analisis Kapasitas Fender Type Super Cone Pada Dermaga Pelabuhan Garongkong Kab. Barru. (dibimbing oleh Ashury, ST., MT. Dr.Ir. Chairul Paotonan., ST. MT.)
Pada tahun 2019 Kantor UPP Kelas II Garongkong telah memperbaiki dan mengganti fender yang mengalami kerusakan di dermaga Pelabuhan Garongkong, dalam jangka tujuh tahun dari waktu operasionalnya, Kantor UPP Kelas II Garongkong telah melakukan rehabilitasi dengan mengganti 23 buah fender type super cone dan 1 buah fender type V di dermaga Pelabuhan Garongkong karena mengalami kerusakan yang dapat mengganggu aktivitas bongkar muat di Kantor UPP Kelas II Garongkong. Adapun Manfaat penelitian ini untuk mengetahui besar energi benturan kapal yang mampu diserap oleh fender dan yang diteruskan ke struktur dermaga.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer diambil dengan cara mengamati mengukur langsung arah dan kecepatan arus. Data sekunder diperoleh dengan mengutip dokumen pada instansi yang bersangkutan seperti Data angin, Data pasang surut, Data kapal, Layout Pelabuhan Garongkong, Data tanah
Hasil analisis memperlihatkan bahwa energi terabsorsi fender lebih besar dari energi tambat kapal dan gaya bentur yang di serap fender lebih kecil dari gaya reaksi fender, diperoleh nilai terabsorsi sebesar 356,95 kNm dan nilai energi tambat kapal 69,8234 kNm (356,95 > 69,8234). Diperoleh nilai gaya bentur yang di serap fender sebesar 14,92331 ton dan gaya reaksi fender 109.29 ton (14,92 < 109,29).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:45
Last Modified: 23 Dec 2020 02:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item
View Item