SYSTEMATIC REVIEW PERAN HUMAN MILK OLIGOSACCHARIDES (HMO) TERHADAP SISTEM IMUN PADA BAYI = SYSTEMATIC REVIEW THE ROLE OF HUMAN MILK OLIGOSACCHARIDES (HMO) ON INFANT Immune System


Wahyuni, Andi Sri (2022) SYSTEMATIC REVIEW PERAN HUMAN MILK OLIGOSACCHARIDES (HMO) TERHADAP SISTEM IMUN PADA BAYI = SYSTEMATIC REVIEW THE ROLE OF HUMAN MILK OLIGOSACCHARIDES (HMO) ON INFANT Immune System. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K021171002_skripsi_24-05-2022 cover1.png

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K021171002_skripsi_24-05-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K021171002_skripsi_24-05-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K021171002_skripsi_24-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan: Pemberian ASI ekslusif selama enam bulan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian pada bayi. Salah satu komponen dalam ASI yang memberikan komposisi bioaktif pada tubuh bayi yaitu Human Milk Oligosakarida. Namun, komposisi ASI yang berubah terus-menerus sepanjang laktasi dan beradaptasi untuk memenuhi nutrisi kebutuhan nasional neonatus dalam pertumbuhan dan perkembangan yang sehat juga akan berpengaruh pada komposisi HMO. Struktur HMO sangat berfungsi untuk kekebalan bayi dan perkembangan bayi. Tujuan: Systematic review ini bertujuan untuk mengkaji tentang peran HMO terhadap sistem imun pada bayi yang ditinjau dari struktur dan faktor-faktor yang mempengaruhi HMO. Bahan dan Metode : Systematic review ini dilakukan berdasarkan PRISMA flow diagram. Kriteria kelayakan literatur ditentukan berdasarkan PICOS framework. Pencarian dan penelusuran literatur dilakukan pada database PubMed, Science Direct, ProQuest, DOAJ, dan mesin pencarian Google Scholar. Proses skrining dilakukan dengan bantuan aplikasi Mendeley. Hasil ekstraksi data dianalisis dengan mencari persamaan, perbandingan, mengkritisi, dan mensintesis data. Hasil: Sebanyak enam artikel yang eligible dari 5384 literatur yang diidentifikasi dan keenamnya merupakan terbitan 2016-2021. Terdapat tiga artikel yang menggunakan desain RCT dan tiga artikel menggunakan desain cohort studies. Keenam artikel yang dikaji terindeks SINTA, penelitiannya dilakukan di Indonesia, dan jumlah sampelnya 16-395 sampel. Kesimpulan: peran HMO-mikroba usus pada bayi akan mempengaruhi potensi sinbiotik kombinasi pra dan probiotik dalam sistem pencernaan bayi, pencegah terjadinya infeksi dari mikroorganisme yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, untuk memodulasi komposisi gut microbiota serta peran protektif terhadap alergi dan autoimun. Struktur Human Milk Oligosaccharides dalam ASI ekslusif disusun oleh kombinasi 5 monosakarida utama Human Milk Oligosaccharides yaitu glukosa (Glc), galaktosa (Gal), N-acetylglucosamine (GlcNAc), fucose (Fuc) dan asam N-acetylneuraminic (sialic acid, SA). Adapun struktur yang paling utama ialah 2′-fucosyllactose (2′-FL) dan 3’- fucosyllactose (3’FL) adalah bagian dari fucosylated, sedangkan Lacto-N-neotetraose (LNnT) netral non-fucosylated. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi struktur Human Milk Oligosaccharides yaitu faktor dari ibu berdasarkan faktor genetik, proses persalinan dan proses laktasi sedangkan faktor dari bayi berdasarkan umur dan jenis kelamin serta faktor lingkungan berdasarkan letak geografisnya.
Keywords : Human Milk Oligosaccharides, ASI Eksklusif, Sistem Imun

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Gizi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:16
Last Modified: 14 Jun 2022 04:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16655

Actions (login required)

View Item
View Item