Estimasi Model Regresi Nonparametrik Poisson Diperumum Menggunakan Estimator Spline Truncated = Estimation Of Generalized Poisson Nonparametric Regression Model Using The Truncated Spline Estimator


Wahyuni, Nurul (2021) Estimasi Model Regresi Nonparametrik Poisson Diperumum Menggunakan Estimator Spline Truncated = Estimation Of Generalized Poisson Nonparametric Regression Model Using The Truncated Spline Estimator. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H051171003_skripsi_cover.jpg

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H051171003_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H051171003_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H051171003_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Regresi Poisson digunakan untuk menjelaskan hubungan antara variabel respon yang berupa data diskrit dan berdistribusi Poisson dengan variabel prediktor. Regresi Poisson mengasumsikan nilai varians dan rata-rata dari variabel respon mempunyai nilai yang sama (equidispersi). Akan tetapi, pada kenyataannya asumsi tersebut seringkali tidak terpenuhi karena ditemukan nilai varians lebih besar daripada nilai rata-ratanya yang disebut overdispersi. Masalah overdispersi dapat diatasi menggunakan model regresi Poisson diperumum. Namun, tidak semua data memiliki pola yang beraturan sehingga digunakan model regresi nonparametrik Poisson diperumum dengan estimator spline truncated. Pada penelitian ini, estimasi parameter dilakukan menggunakan metode maximum likelihood estimation dengan algoritma Fisher scoring. Selanjutnya, model regresi nonparametrik Poisson diperumum menggunakan estimator spline truncated diterapkan pada data jumlah kematian bayi di Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2017. Pemilihan titik knot optimal menggunakan metode Generalized Cross Validation (GCV). Hasil yang diperoleh adalah model terbaik terbentuk pada model regresi nonparametrik Poisson diperumum menggunakan spline linier multiprediktor dengan satu titik knot.
Keywords : Jumlah Kematian Bayi, Overdispersi, Regresi Nonparametrik Poisson Diperumum, Spline Truncated, GCV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Statistika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:14
Last Modified: 14 Jun 2022 03:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16602

Actions (login required)

View Item
View Item