HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN PREFERENSI KONSUMEN DALAM MENGONSUMSI OLAHAN DAGING KUDA DI KECAMATAN BIRINGKANAYA MAKASSAR = Relationship between Consumer Characteristics and Consumer Preference in Consuming Processed Horse Meat in Biringkanaya District, Makassar.


Oktavia, Nur Afni (2021) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN PREFERENSI KONSUMEN DALAM MENGONSUMSI OLAHAN DAGING KUDA DI KECAMATAN BIRINGKANAYA MAKASSAR = Relationship between Consumer Characteristics and Consumer Preference in Consuming Processed Horse Meat in Biringkanaya District, Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I11116023_skripsi cover1.jpg

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I11116023_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I11116023_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (875kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I11116023_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
NUR AFNI OKTAVIA. I111 16 023. Hubungan antara Karakteristik Konsumen dengan Preferensi Konsumen dalam Mengonsumsi Olahan Daging Kuda di Kecamatan Biringkanaya, Makassar. Dibimbing oleh Syahriadi Kadir dan Agustina Abdullah.

Beberapa faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen yang mengonsumsi olahan daging kuda seperti faktor kesehatan, faktor psikologi, dan faktor pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifik hubungan antara karakteristik konsumen dengan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian hasil olahan daging kuda dan mengevaluasi hasil riset terdahulu tentang pengaruh karakteristik konsumen terhadap preferensi konsumen yang diduga terjadi pergeseran hasil yang diakibatkan oleh selang waktu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 orang, menggunakan teknik systematic sampling dimana sampel pertama ditentukan secara acak sedangkan sampel berikutnya diambil berdasarkan satu interval, selanjutnya ditentukan ukuran sampel menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah data statistik deskriptif, uji statistik yang digunakan adalah uji chi squaret. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara karakteristik konsumen berdasarkan umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan tingkat pendapatan dengan preferensi konsumen dalam mengonsumsi hasil olahan daging kuda (coto kuda). Sementara karakteristik konsumen berdasarkan jenis suku memiliki hubungan yang signifikan sehingga mempengaruhi preferensi konsumen dalam mengonsumsi hasil olahan daging kuda (coto kuda). Beberapa faktor juga berpengaruh terhadap preferensi konsumen dalam mengonsumsi hasil olahan daging kuda seperti faktor kesehatan, faktor psikologi, dan faktor pribadi. Sehingga alasan konsumen dalam mengonsumsi hasil olahan daging kuda juga berbeda-beda menurut preferensinya. Terjadi pergeseran hasil riset terdahulu yang diakibatkan oleh selang waktu, yang ditunjukkan oleh kakteristik konsumen berdasarakan jenis kelamin dan jenis suku.
Kata kunci : Karakteristik, Preferensi, chi square, Kuda, Selang Waktu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:09
Last Modified: 13 Jun 2022 03:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16540

Actions (login required)

View Item
View Item